Inilah Perbedaan Air Liur Kucing dan Anjing

Rabu, 18 Mei 2022 - 13:54 WIB
loading...
Inilah Perbedaan Air Liur Kucing dan Anjing
Dalam kehidupan sehari hari kucing dan anjing tentunya memiliki sifat dan perilaku yang berbeda. Mereka juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Foto/Okezone/Dranaturs
A A A
JAKARTA - Kucing dan Anjing merupakan binatang yang dekat dengan kehidupan kita, bahkan sering menjadi binatang peliharaan. Tingkah lucu dan menggemaskan dari dua jenis hewan ini tentunya membuatnya disukai banyak orang.

Dalam kehidupan sehari hari kucing dan anjing tentunya memiliki sifat dan perilaku yang berbeda. Mereka juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya anjing yang dikenal setia dan terlatih maupun kucing dengan sifat yang sulit ditebak dan terkadang manja.

Perbedaan juga terdapat dari air liur kedua binatang ini, dalam artian air liur tersebut dapat berbeda fungsi dan manfaat atau bahkan akibat yang terjadi pada makhluk hidup terutama manusia apabila terkena air liur tersebut.

1. Air Liur Anjing
Anjing dikenal dengan binatang yang suka menjilat pemiliknya, karena sama halnya seperti manusia hewan peliharaan ini juga suka memperlihatkan perhatian kepada orang yang dekat dengannya. Lalu apakah air liur anjing ini aman untuk kita?



Tentunya akan berbahaya jika kita belum mengetahui bersih tidaknya air liur anjing ini. Bahkan dalam agama Islam air liur anjing dianggap najis dan harus dibersihkan bila terkena air liur hewan ini karena menyebabkan tidak sah untuk beribadah.

Air liur anjing dalam segi kesehatan memang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Ini karena di dalam mulut anjing terdapat banyak bakteri yang berbahaya bagi manusia. Salah satunya adalah bakteri Capnocytophaga.

Capnocytophaga tidak hanya terdapat pada mulut anjing, pada kucing dan bahkan manusia juga terdapat bakteri ini. Bagi orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah akan mudah terjangkit oleh bakteri ini.

Selain terdapat Capnocytophaga, air liur anjing juga mengandung glikoprotein, yaitu zat yang memicu mekanisme pertahanan tubuh pada beberapa orang. Selain itu air liur anjing juga dapat menyebabkan penyakit kulit kurap atau kadas.

Hal ini terjadi ketika spora jamur dari bagian tubuh yang dijilat anjing terbawa air liur dan menyebarkan spora jamur. Bagian moncong anjing juga terdapat kuman yang bisa berpindah ke manusia dan menyebabkan penyakit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2101 seconds (0.1#10.140)