3 Hewan yang Punya Durasi Kawin Terlama

Kamis, 19 Mei 2022 - 15:02 WIB
loading...
3 Hewan yang Punya Durasi Kawin Terlama
3 hewan yang punya durasi kawin terlama. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Hewan yang punya durasi kawin terlama ada beberapa hewan, perkembangbiakan hewan juga bervariasi mulai dari jumlah anak yang lahir, lamanya masa kehamilan hingga proses perkawinannya.

Dalam proses perkawinan, hewan memiliki durasinya masing masing yang berbeda untuk setiap jenis hewan. Bahkan ada hewan yang mampu kawin sebanyak ratusan kali dalam sehari.



Hal ini memang mengejutkan bagi kita yang belum mengetahuinya. Menariknya mayoritas hewan yang memiliki durasi kawin yang lama adalah mamalia, penelitian yang ada memang membuktikan jika selain manusia, mamalia lain bisa merasakan kenikmatan dari hubungan seksual, termasuk orgasme.

Inilah 3 hewan yang memiliki durasi kawin terlama

1. Singa

Sang raja rimba ini ternyata dikenal memiliki durasi kawin yang lama. Sekalinya birahi, singa jantan dewasa bisa melakukan hubungan seksual hingga 10-40 kali dalam satu hari loh.

Hal ini bisa dilakukan oleh singa jantan karena dalam satu kawanan biasanya ada 2-3 tiga betina sekaligus. Seekor singa betina bisa kawin hingga 100 kali per hari dengan interval rata-rata 17 menit dan setiap kawin akan berlangsung selama 21 detik.

Pada dasarnya singa jantan ini jarang mendapatkan kesempatan untuk kawin apabila belum menjadi pimpinan kawanan atau suatu kelompok. Untuk berjuan menjadi pimpinan kawanan sendiri biasanya seekor singa jantan harus menempuh waktu selama 4-5 tahun. Sedangkan umur siap kawin singa jantan pada saat masih 3 tahun.

Apabila seekor singa jantan kalah dalam perebutan kelompok atau pimpinan, singa itu harus memisahkan diri dari kelompoknya dan mencari kelompok baru.

2. Lumba Lumba

Selain dikenal binatang yang cerdas, lumba lumba juga memiliki cara tersendiri untuk kawin atau berhubungan seks. Awalnya lumba-lumba jantan bisa melakukan masturbasi dengan cara melilitkan alat kemaluannya ke belut laut.

Hal ini dikemukakan oleh David Linden, ilmuwan saraf dari Universitas John Hopkins. Lebih mencengangkan lagi, ketika masih muda lumba lumba jantan sering melakukan hubungan seks sesama jenis.

Hal ini bertujuan untuk menguatkan hubungan antar pejantan dan yang paling utama adalah untuk mencari betina secara berkelompok.

Seekor betina biasanya mencapai kematangan seksual ketika dia telah mencapai 85 - 95% dari panjang rata-rata tubuh dewasanya. Ini berkisar antara 7 - 12 tahun, tergantung pada populasinya.

Sedangkan jantan, mencapai kematangan seksual lebih lambat dari betina yang biasanya terjadi antara 10 hingga 15 tahun.

Proses kawin lumba lumba sendiri hanya berkisar selama 10 detik, namun mereka bisa melakukannya berkali kali selama satu jam.

3. Simpanse Bonobo

Simpanse ini merupakan salah satu hewan langka yang dilindungi. Mereka hidup di dataran Afrika tepatnya di Kongo. Berdasar penelitian, Bonobo adalah primata yang memiliki kebiasaan seks hampir seperti manusia.

Seks adalah jawaban atas semua masalah yang dimiliki bagi hewan ini. Apabila terjadi konflik antar kawanan, biasanya mereka menyelesaikannya dengan hubungan seksual.

Bahkan bonobo adalah satu satunya hewan selain manusia yang melakukan ciuman dan oral seks menurut penelitian.

Tidak hanya dalam menangani suatu konflik, hubungan seksual ini juga dilakukan untuk mempererat kekerabatan, mengurangi konflik hingga setelah menemukan sumber makanan juga akan dilakukan dengan melakukan hubungan seksual.

3 Hewan yang punya durasi kawin terlama di atas hanya sebagian hewan yang memiliki prilaku seksual aneh, meskipun masih banyak berprilaku seksual aneh.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2026 seconds (0.1#10.140)