Jelang Uji Peluncuran ke ISS, Kapsul Starliner Boeing Sudah Bertengger di Atas Roket Atlas V

Kamis, 19 Mei 2022 - 17:13 WIB
loading...
Jelang Uji Peluncuran ke ISS, Kapsul Starliner Boeing Sudah Bertengger di Atas Roket Atlas V
Pesawat ruang angkasa Boeing Starliner OFT-2 dan roket Atlas V di Space Launch Complex 40 dari Cape Canaveral Space Force Station di Florida. Peluncuran dijadwalkan berlangsung pada 19 Mei 2022. Foto/NASA/Joel Kowsky/Space.com
FLORIDA - Menjelang uji coba peluncuran tanpa awak ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) , Kapsul Starliner OFT-2 sudah terpasang di atas roket Atlas V. Pesawat ruang angkasa Boeing Starliner akan diluncurkan menggunakan roket buatan United Launch Alliance dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat (AS).

Boeing Starliner meluncurkan misi Orbital Flight Test 2 (OFT-2) untuk menunjukkan kelayakan dan kemampuan pesawat ruang angkasa miliknya dalam menerbangkan astronot ke dan dari stasiun luar angkasa. Misi ini sangat penting dan bagi Boeing karena telah dua kali melakukan uji coba terbang sebelumnya.

Pada Desember 2019, Boeing meluncurkan penerbangan uji coba Starliner pertama, yang disebut OFT-1, tetapi gagal mencapai Stasiun Luar Angkasa Internasional karena masalah perangkat lunak. Pada Juli 2021, Boeing siap untuk mencoba lagi, tetapi katup pada modul layanan pesawat ruang angkasa macet sehingga peluncuran dibatalkan.

Baca juga; Starliner Boeing Siapkan Uji Peluncuran Kedua Tanpa Awak ke ISS



Jika semuanya persiapan berjalan dengan baik, pesawat ruang angkasa OFT-2 Starliner Boeing akan lepas landas Kamis 19 Mei 2022 malam waktu setempat. Kapsul Starliner dijadwalkan tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional pada Jumat 20 Mei 2022 malam.

Astronot yang bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional kemudian membuka palka ke arah kapsul Starliner sehari kemudian, pada Sabtu 21 Mei 2022. Kapsul Starliner yang membawa kargo perbekalan seberat 226 kilogram, berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional sekitar lima hari.
Jelang Uji Peluncuran ke ISS, Kapsul Starliner Boeing Sudah Bertengger di Atas Roket Atlas V


Di akhir misi, Starliner akan kembali ke Bumi dan direncanakan mendarat di White Sands Missile Range di New Mexico seperti pendahulunya OFT-1. Starliner menggunakan parasut, airbag, dan retrorocket untuk melindungi pendaratannya di darat.

Baca juga; Uji Coba Peluncuran Starliner ke ISS, Bawa 226 Kg Kargo Berisi Makanan

Pejabat di Skuadron Cuaca ke-45 Angkatan Luar Angkasa AS memperkirakan 70% kemungkinan cuaca cukup baik sehingga menguntungkan untuk peluncuran Boeing Starliner pada hari Kamis. Peluncuran ini dapat disaksikan melalui laman Space.com, mulai pukul 6 sore EDT (2200 GMT).
(wib)
KOMENTAR ANDA