5 Hewan Ini Terancam Punah Akibat Pemanasan Global

Kamis, 19 Mei 2022 - 19:59 WIB
loading...
5 Hewan Ini Terancam Punah Akibat Pemanasan Global
Beruang Kutub (Ursus Maritimus) menghadapi masa depan yang tidak pasti karena berkurangnya es laut di Arktik yang menjadi habitatnya. Foto/onekindplanet/wiki common
A A A
JAKARTA - Ancaman perubahan iklim begitu nyata dan mengakibatkan temperatur Bumi bertambah panas. Kenaikan suhu global yang terus meningkat tentu akan memiliki konsekuensi yang serius bagi manusia dan hewan.

Berikut daftar 5 spesies hewan yang terancam punah akibat perubahan iklim dan pemanasan global dikutip SINDOnews dari laman onekindplanet, Kamis (19/5/2022).

1. Beruang Kutub
5 Hewan Ini Terancam Punah Akibat Pemanasan Global


Beruang Kutub (Ursus Maritimus) menghadapi masa depan yang tidak pasti karena berkurangnya es laut di Arktik yang menjadi habitatnya. Musim panas yang lebih lama dan lebih hangat menyebabkan sebagian besar Samudra Arktik kehilangan es untuk waktu yang lama.

Akibatnya, beruang kutub kesulitan mendapatkan mangsa utama mereka, sepertianjing laut. Kondisi ini membuat beruang terpaksa menghabiskan lebih banyak waktu mencari makan di darat yang berisiko mengalami konflik dengan manusia.



2. Anjing Laut
5 Hewan Ini Terancam Punah Akibat Pemanasan Global


Anjing Laut (Pusa Hispida), sangat bergantung pada es laut Kutub Utara dan hampir tidak pernah naik ke darat. Menghangatnya suhu musim semi dan pecahnya es laut lebih awal menyebabkan anak-anak anjing laut yang menyusui dipisahkan secara prematur dari induknya.

Selain itu, suhu laut yang lebih hangat cenderung meningkatkan populasi parasit anjing laut dan memaksanya bermigrasi. Tentu ini menyebabkan risiko penyebaran penyakit semakin meluas ke wilayah lain. Dengan pindahnya anjing laut, beruang kutub kesulitan mendapat mangsa favorit.



3. Kupu-Kupu Raja
5 Hewan Ini Terancam Punah Akibat Pemanasan Global


Kupu-Kupu Raja (Danaus Plexippus) yang indah ini terkenal dengan migrasinya yang mengesankan melintasi Amerika Utara untuk mencapai daerah musim dingin yang berlebihan di selatan. Seperti semua kupu-kupu, mereka sangat sensitif terhadap cuaca dan iklim.

Meningkatnya frekuensi cuaca ekstrem mengancam masa depan spesies kupu-kupu yang karismatik ini. Selain itu, ulat Monarch hanya makan milkweed, karena iklim terus menghangat, kisaran kupu-kupu menjadi lebih kering, yang mengakibatkan hilangnya tanaman pangan yang vital.



4. Ikan Cod Atlantik
5 Hewan Ini Terancam Punah Akibat Pemanasan Global


Ikan Cod Atlantik (Gadus Morhua) merupakan makanan populer, namun populasinya menyusut akibat penangkapan yang berlebihan selama beberapa dekade. Terjadinya pemanasan laut yang cepat baru-baru ini telah sangat berdampak pada pemijahan dan kelangsungan hidup ikan cod.

Di perairan yang lebih hangat mengurangi ketersediaan zooplankton yang penting bagi kelangsungan hidup dan perkembangan ikan ini. Selain itu, untuk menghindari suhu tinggi, ikan muda cenderung menjelajah ke perairan dalam yang berisiko dimangsa hewan yang lebih besar.



5. Penguin
5 Hewan Ini Terancam Punah Akibat Pemanasan Global


Penguin Adelie (Pygoscelis Adeliae) yang banyak ditemukan Antartika, menghadapi masa-masa sulit karena perubahan iklim. Populasinya menurun di Semenanjung Antartika Barat, yang merupakan salah satu daerah yang paling cepat memanas di Bumi.

Tempat bertelur Penguin di pesisir menjadi semakin tidak cocok untuk kelangsungan hidup anak-anaknya yang kecil. Periode suhu laut yang lebih hangat dari biasanya secara terus-menerus berdampak negatif terhadap kemampuan mendapatkan mangsa seperti ikan kecil dan krill.

(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2274 seconds (0.1#10.140)