Minggu, 22 Mei 2022 - 10:00 WIB
China Cari Planet Baru Pengganti Bumi Gunakan Teleskop Terbang
Teleskop terbang yang ada di luar angkasa pernah digunakan oleh Swiss dan ESA bernama CHEOPS. Foto/IST
JAKARTA - China berencana melakukan pencarian planet baru yang bisa digunakan untuk tempat tinggal dengan menggunakan teleskop terbang. Upaya itu dituangkan dalam sebuah proposal yang diajukan oleh para ilmuwan China berjudul "Closely Habitable Exoplanet Survey" baru-baru ini.

Dalam proyek itu nantinya badan antariksa China akan melakukan survei berbagai planet di luar angkasa dengan menggunakan teleskop khusus yang berkelana di luar angkasa. Teleskop itu nantinya akan memeriksa satu per satu exoplanet yang berpotensi jadi tempat tinggal baru manusia.

Jika China berhasil melaksanakan proyek tersebut, upata itu akan menjadi misi luar angkasa menarik buat China. Pasalnya langkah itu jadi yang pertama buat China dalam mencari planet mirip bumi yang dapat dihuni.