China Cari Planet Baru Pengganti Bumi Gunakan Teleskop Terbang

Minggu, 22 Mei 2022 - 10:00 WIB
loading...
China Cari Planet Baru Pengganti Bumi Gunakan Teleskop Terbang
Teleskop terbang yang ada di luar angkasa pernah digunakan oleh Swiss dan ESA bernama CHEOPS. Foto/IST
A A A
JAKARTA - China berencana melakukan pencarian planet baru yang bisa digunakan untuk tempat tinggal dengan menggunakan teleskop terbang. Upaya itu dituangkan dalam sebuah proposal yang diajukan oleh para ilmuwan China berjudul "Closely Habitable Exoplanet Survey" baru-baru ini.

Dalam proyek itu nantinya badan antariksa China akan melakukan survei berbagai planet di luar angkasa dengan menggunakan teleskop khusus yang berkelana di luar angkasa. Teleskop itu nantinya akan memeriksa satu per satu exoplanet yang berpotensi jadi tempat tinggal baru manusia.

Jika China berhasil melaksanakan proyek tersebut, upata itu akan menjadi misi luar angkasa menarik buat China. Pasalnya langkah itu jadi yang pertama buat China dalam mencari planet mirip bumi yang dapat dihuni.



China Cari Planet Baru Pengganti Bumi Gunakan Teleskop Terbang


Ji Jianghui, penyelidik utama misi CHES kepada CGTN mengatakan selain mencari planet yang dapat ditinggali, proyek luar angkasa itu juga akan mencari jawaban berbagai pertanyaan tentang tata surya.

Menurutnya studi itu pada akhirnya akan menjawab pertanyaan seperti apakah tata surya dimana manusia berada adalah yang paling istimewa. Begitu juga dengan pertanyaan apakah manusia makhluk unik di alam semesta. Selain itu upaya tersebut juga dilakukan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pembentukan dan evolusi bumi dan tata surya.



China Cari Planet Baru Pengganti Bumi Gunakan Teleskop Terbang


"Serta memberikan gambaran lengkap tentang alam dan asal usul kehidupan, sehingga dapat lebih memahami diri kita sendiri," kata Ji Jianghui.

Dia melanjutkan lebih dari 5.000 exoplanet telah ditemukan dan dikonfirmasi sejauh ini. Termasuk sekitar 50 planet mirip bumi di zona layak huni. Sayangnya kebanyakan dari exoplanet itu berjarak ratusan tahun cahaya dari bumi.

"Penemuan dunia layak huni baru akan menjadi terobosan besar bagi umat manusia, dan juga akan membantu manusia mengunjungi kembaran bumi itu dan memperluas ruang hidup kita di masa depan," pungkas Ji Jianghui.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2567 seconds (0.1#10.140)