Cara dan Metode Kawin Silang pada Hewan

Senin, 23 Mei 2022 - 22:47 WIB
loading...
Cara dan Metode Kawin Silang pada Hewan
Munculnya perkawinan silang hewan ini memunculkan beberapa spesies hewan baru. Terkadang spesies hewan baru ini memiliki kualitas yang lebih baik dibanding indukannya. Foto/beefmagazine
A A A
JAKARTA - Perkawinan silang pada hewan sudah bukan hal yang baru saat ini. Banyak hewan yang melakukan perkawinan silang baik itu melalui bantuan tangan manusia atau secara alami.

Munculnya perkawinan silang hewan ini memunculkan beberapa spesies hewan baru. Terkadang spesies hewan baru ini memiliki kualitas yang lebih baik dibanding indukannya.

Karena itu banyak peneliti yang mengembangkan perkawinan silang hewan ini, karena selain meningkatkan populasi hewan, hal ini juga berguna untuk menciptakan spesies baru yang lebih berkualitas.



Dalam ilmu pemuliaan ternak, dikenal dua macam teknik persilangan, yaitu persilangan antar individu yang berkerabat masih satu spesies (inbreeding) dan persilangan antar individu yang tidak berkerabat atau di luar dari spesies (outbreeding).

Untuk Perkawinan hewan antar spesies atau perkawinan silang ini terdapat 3 cara atau metode yang akan dibahas di bawah ini dikutip dari laman Britannica:

1. Biak Silang (Crossbreeding)
Metode perkawinan silang yang pertama ini terdiri dari dua hewan yang bukan merupakan satu keturunan. Biasanya cara ini dilakukan dengan tujuan untuk memanfaatkan keunggulan ternak.

Contoh hewan dari perkawinan ini adalah sapi potong Angus dan Charolais. Angus menghasilkan daging sapi berkualitas tinggi dan Charolais memiliki ukuran sangat besar, sehingga perkawinan silang menghasilkan hewan dengan kualitas daging dan ukuran yang lebih baik.



2. Biak Silang Luar (Outcrossing)
Perkawinan ini hampir sama seperti Inbreeding, bedanya adalah jika Inbreeding adalah perkawinan satu spesies dan satu keturunan. Bila Out Crossing merupakan perkawinan satu spesies namun beda keturunan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2375 seconds (0.1#10.140)