Hyperion, Pohon Tertinggi di Dunia Berusia 800 Tahun

Selasa, 24 Mei 2022 - 17:40 WIB
loading...
Hyperion, Pohon Tertinggi di Dunia Berusia 800 Tahun
Hyperion tercatat secara resmi dalam Guinness World Records sebagai pohon tertinggi di dunia setinggi 380 kaki, 9,7 inci atau sekitar 116,07 meter. Foto/5Factum
A A A
SACRAMENTO - Hyperion tercatat secara resmi dalam Guinness World Records sebagai pohon tertinggi di dunia setinggi 380 kaki, 9,7 inci atau sekitar 116,07 meter. Hyperion adalah pohon redwood pantai (Sequoia sempervirens) yang menjulang setinggi gedung tingkat 35 lantai di atas garis pantai Taman Nasional Redwood di California Utara.

Lokasi pasti Hyperion sangat dirahasiakan dan dijaga rapat-rapat, tetapi diperkirakan berada di lereng bukit di mana sebagian besar kayu merah pesisir tua telah ditebang. Entah bagaimana, Hyperion bisa lolos dari gergaji mesin, sehingga pohon itu diperkirakan berusia antara 600 dan 800 tahun.

“Meskipun berada di lereng yang curam, mereka tumbuh di habitat kayu merah terbaik di planet ini. Mereka tepat di bawah punggung bukit, jadi terlindung dari angin. Mereka dekat dengan air yang melimpah, dan memiliki banyak kabut, sehingga iklim mikro lokal tetap sejuk dan lembap. Dan mereka memiliki paparan sinar matahari yang bagus,” kata Chris Atkins kepada SFGate bagian dari tim peneliti yang menjelajahi hutan California dikutip SINDOnews dari laman LiveScience, Selasa 924/5/2022).



Pohon pencakar langit yang masih hidup ini pertama kali ditemukan pada tahun 2006, oleh Chris Atkins dan Michael Taylor, bagian dari tim peneliti SFGate. Pada saat itu, pohon Hyperion itu sedikit lebih pendek, dengan tinggi 379 kaki, 1,2 inci atau 115,5 meter.

Pada waktu yang hampir sama, kelompok itu menemukan pohon tertinggi kedua dan ketiga: Helios, yang saat itu tingginya 376,3 kaki atau 114,7 meter, dan Icarus yang tingginya 371,2 kaki atau 113,1 meter. Kayu merah pantai bukan sekadar pohon tertinggi di planet ini, tetapi juga makhluk hidup tertua di Bumi; dapat hidup hingga 2.000 tahun.

Tidak jelas secara pasti mengapa pohon-pohon ini bisa hidup sampai sangat tua, tetapi iklim punya berperan penting. Bahkan ketika pedalaman California terbakar di musim panas, selimut kabut tebal menyelimuti hutan pantai, menjaga suhu tetap sejuk sepanjang tahun.



Wilayah pesisir juga mengalami curah hujan sekitar 100 inci atau 254 sentimeter per tahun, yang juga membantu memelihara rumpun raksasa ini. Redwood pantai juga merupakan beberapa pohon yang paling tahan banting di Bumi.
Hyperion, Pohon Tertinggi di Dunia Berusia 800 Tahun


Kulit pohon Redwood yang kaya tanin membuatnya tahan terhadap jamur dan penyakit. Apalagi kulit pohon raksasa ini setebal 12 inci atau 25 cm, memungkinkan bertahan dari kebakaran hutan yang dahsyat.

Sementara kayu merah pantai adalah pohon tertinggi di Bumi, mereka bukan yang terbesar. Pohon terbesar di planet ini adalah General Sherman dan General Grant, sequoia raksasa yang menempel di Sierra yang berbatu dan terbakar api di Kings Canyon dan Taman Nasional Sequoia California.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)