Rabu, 25 Mei 2022 - 11:29 WIB
Cari Tempat Tinggal Alien, Ilmuwan Bidik Bintang Biner
Pencarian tempat tinggal alien kali ini diarahkan ke planet dengan bintang biner. Foto/Wione.
JAKARTA - Penelitian yang dilakukan University of Copenhagen mengungkap saat ini bintang biner merupakan target mereka untuk menyibak tempat tinggal alien. Dalam penelitian itu mereka menyimpulkan planet yang di orbitnya memiliki bintang biner merupakan lokasi yang pas buat alien bermukim.

Hasil dari proyek itu saat ini sudah diterbitkan dalam jurnal Nature. Proyek itu juga melibatkan astronom dari Taiwan dan Amerika Serikat dalam melakukan penyelidikan.

Diketahui bintang biner adalah dua bintang yang saling mengorbit pusat massanya atau seolah tampak mengorbit satu sama lain. Para ahli telah menemukan bahwa bintang biner terlihat sebagai objek tunggal dengan mata telanjang, padahal tidak demikian.

Studi tersebut menyebutkan bahwa hampir setengah dari bintang seukuran matahari adalah biner. Dalam penelitian yang sama juga disebutkan sistem planet di sekitar bintang biner mungkin sangat berbeda dari sistem di sekitar bintang tunggal.