Inilah Ikan yang Bisa Hidup Selama 4 Tahun Walau tanpa Air

Minggu, 29 Mei 2022 - 00:10 WIB
loading...
Inilah Ikan yang Bisa Hidup Selama 4 Tahun Walau tanpa Air
Lungfish ikan yang bisa hidup selama 4 tahun walau tanpa air. FOTO/ IST
A A A
SIDNEY - Pada umumnya seekor ikan hidup dan tumbuh besar di dalam air. Mereka dilengkapi dengan sistem pernapasan yang disebut insang sehingga membuatnya mampu bernapas di dalam air.



Meski demikian, tidak semuanya ikan hanya mampu hidup di dalam air, ada seekor ikan yang memiliki keunikan khusus sehingga mampu bertahan hidup tanpa air.

Seperti dilansir dari Unilad, Lungfish mempunyai kemampuannya untuk bertahan hidup tanpa air. Tidak peduli seberapa keras lingkungan, dia memiliki caranya sendiri untuk menghadapi alam.

Hidup di tanah tropis Afrika ini, iklimnya panas dan kering, dan banyak makhluk tidak bisa melawan alam dan punah, dan sejarah panjang kelangsungan hidup lungfish membuatnya tidak takut.

Ketika Matahari menyengat Bumi dan air sungai mulai mengering, lungfish mulai mengeluarkan lendir, setelah seluruh epidermis menjadi basah, dia menggunakan sirip perutnya untuk menggali ke dalam tanah untuk menyerap air di dalamnya. Jika kelembaban di tanah juga dikeringkan oleh Matahari, mereka masuk ke mode tidak aktif, meringkuk seperti ular.

Setelah memasuki mode tidur, lungfish seperti menekan tombol pause pada hidupnya sendiri, hanya menggunakan paru-paru untuk bernapas lemah, dan tidak lagi memetabolisme kehidupan. Hingga airnya melimpah kembali, dan waktu dormansi ini bisa mencapai hingga 4 tahun.

Ikan ini termasuk dalam salah satu spesies ikan purba yang muncul pada Zaman Devonian Awal yakni sekira 419,2 juta hingga 393,3 juta tahun lalu. Meski demikian, hewan ini masih muncul di sungai dan danau di Afrika, Amerika Selatan, dan Australia.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2151 seconds (0.1#10.140)