Penasaran Gimana Pakai Sampo di Luar Angkasa, Nih Caranya!

Minggu, 05 Juni 2022 - 18:31 WIB
loading...
Penasaran Gimana Pakai Sampo di Luar Angkasa, Nih Caranya!
Wang Yaping mengungkap bahwa keramas di luar angkasa membutuhkan sampo khusus. FOTO/ IST
A A A
BEIJING - Pernahkah terbayang bagaimana caranya keramas di luar angkasa ? Ya, pastinya rumit mengingat di sana tidak ada gravitasi. Air akan tumpah kemana-mana membasahi seluruh ruangan.

Nah untuk menjawab ini, seorang astronot perempuan asal China yang bernama Wang Yaping memberi bocoran bagaimana caranya keramas di luar angkasa. Ia mendemonstrasikannya dalam video singkat.

BACA JUGA - Rusia Pertanyakan Kegiatan Luar Angkasa AS

"Tidak mudah untuk mencuci rambut di luar angkasa," katanya di awal video, seperti dikutip dari Engadget, Minggu (5/6/2022).

Wang Yaping mengungkap bahwa keramas di luar angkasa membutuhkan shampo khusus. Shampo yang digunakan berbentuk foam atau busa agar lebih mudah diaplikasikan ke rambut.

"Pertama, saya mengoleskan sampo khusus di rambut saya, dan Anda bisa lihat sampo ini berbusa," ungkap Wang.

Ia kemudian menambahkan hanya sedikit air dari wadah khusus ke rambut lalu menguceknya hingga ke seluruh bagian rambut. Setelah itu ia mengambil sarung handuk.

"Setelah mengucek air di kepala saya, saya perlu memakai sarung tangan handuk untuk menyerap air di rambut saya. Baru setelahnya saya pakai handuk rambut dan menunggu hingga kering," paparnya.

Demonstrasi keramas di luar angkasa sebenarnya bukan pertama kali dilakukan. Sebelumnya, pada tahun 2013 lalu, astronot NASA Karen Nyberg juga pernah membuat video serupa.

Namun bedanya, Karen Nyberg tidak menggunakan sarung tangan handuk seperti Wang. Ia memilih menggunakan handuk biasa yang sebenarnya ini sangat merepotkan.

Sebagai informasi tambahan, Wang sendiri telah berada di luar angkasa selama enam bulan. Ia mengorbit di stasiun ruang angkasa Tianhe untuk memberikan kuliah tentang fisika ruang angkasa.

Saat ini Wang diketahui baru saja kembali ke Bumi.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1908 seconds (11.97#12.26)