Ini Hewan yang Tidak Memiliki Alat Pencernaan, Nomor 3 Bisa Hidup 500 Tahun

Selasa, 07 Juni 2022 - 11:51 WIB
Ini Hewan yang Tidak Memiliki Alat Pencernaan, Nomor 3 Bisa Hidup 500 Tahun
Sedikitnya ada tiga hewan yang tidak memiliki alat pencernaan. Foto DOK SINDOnews
JAKARTA - Sedikitnya ada tiga hewan yang tidak memiliki alat pencernaan . Kendati demikian, mereka bisa hidup sampai ratusan tahun.

Kebanyakan spesies hewan yang tidak memiliki sistem pencernaan ini adalah jenis cacing . Namun ada juga spesies lain yang memiliki sistem pencernaan yang tidak lengkap.
Baca juga : Hewan-hewan dengan Ritual Seks yang Bikin Dahi Berkerut

Berikut tiga hewan yang tidak memiliki alat pencernaan seperti dilansir national geographic :

1. Platypus

Platypus memang dikenal dengan hewan yang unik. Dia seperti bebek yang sama sama bertelur namun juga seperti mamalia yang menyusui anaknya. Hal unik lainnya dari platipus adalah kerongkongannya yang langsung terhubung ke usus tanpa mempunyai lambung.

Dengan kata lain platipus tidak memiliki perut. Penyebab hewan ini tidak memiliki perut menurut peneliti adalah dari nenek moyangnya yang beralih makanan sehingga membuat enzim pepsinogen yang berfungsi sebagai proses pencernaan protein dalam makanan.

Seiring berjalannya waktu tubuh hewan ini membangun mutasi baru dan melemahkan zat yang sudah tidak berfungsi. Hal ini ternyata tidak hanya terjadi pada platypus. Ada beberapa hewan yang mengalami ini juga, diantaranya seperti lungfish dan chimera.

2. Cacing Pita

Cacing yang suka berada di dalam usus manusia ini termasuk ke dalam kelas cestoda. Tidak hanya berada di manusia, jenis cacing ini juga memiliki inang di hewan lain seperti kucing, anjing dan sapi.

Cacing ini tidak memiliki mulut, sementara itu tubuhnya bersegmen dan menyatu dengan kepala. Cacing ini juga bersifat hermafrodit dimana sistem syaraf menyatu dengan sistem ekskresi.