Alien Gunakan Planet Pengembara sebagai Pesawat Berkeliling Luar Angkasa

Rabu, 08 Juni 2022 - 08:00 WIB
Alien Gunakan Planet Pengembara sebagai Pesawat Berkeliling Luar Angkasa
Planet pengembara memiliki bagian yang sulit dideteksi karena memang tidak memiliki bintang yang bisa menyinari seluruh bagian planet itu. Foto/IST
JAKARTA - Irina Romanovskaya, fisikawan dan astronomis dari Houston Community College mengusulkan teori kontroversial mengenai keberadaan alien . Dalam jurnal berjudul "Migrating Extraterrestrial Civilizations and Interstellar Colonization" yang dipublikasikan oleh International Journal of Astrobiology, Irina Romanovskaya mengatakan alien menggunakan planet pengembara untuk mempelajari objek-objek luar angkasa.

Dalam pendapatnya dia mengatakan para alien menjadikan planet yang mengambang bebas itu justru sebagai pesawat. Pasalnya planet pengembara yang terbang bebas tanpa harus mengorbit pada bintang.

Menurut Irina Romanovskaya para alien itu seperti menumpang di planet-planet pengembara. Tujuannya untuk mengumpulkan informasi setiap objek luar angkasa yang kebetulan dilewati planet tersebut.

"Tidak ada aturan lalu-lintas buat planet-planet itu. Jika mereka memang menuju ke sebuah sistem galaksi, maka tidak ada yang bisa menghentikannya," jelas Irina Romanovskaya.

Dinamika yang terjadi di planet-planet pengembara menurutnya juga sulit untuk dideteksi. Pasalnya planet-planet pengembara itu tidak memiliki bintang yang bisa menerangi permukaan planet.

Alhasil pengungkapan kondisi sebenarnya planet-planet pengembara sulit untuk diungkap. "Ini meningkatkan kemungkinan adanya peradaban ekstrateristial yang sangat canggih di planet itu. Ini yang saya sebut penumpang kosmik," jelas Irina Romanovskaya.

Dia mengakui saat ini memang masih jadi perdebatan apakah planet-planet pengembara bisa jadi tempat hidup atau tidak. Ketiadaan bintang, membuat banyak para ilmuwan tidak yakin ada kehidupan di planet pengembara.

Sebaliknya ilmuwan lain seperti Irina Romanovskaya menduga planet-planet itu masih bisa dihidupi jika memiliki lautan bawah permukaan planet. Menurutnya lautan bawah permukaan planet itu adalah hal yang paling umum ditemukan di berbagai benda angkasa yang ada di tata surya.

Dia meyakini planet-planet pengembara memiliki sumber daya yang sangat cukup buat para alien menumpang dan melakukan pengembaraan luar angkasa.

Menurutnya kebenaran teori yang dia miliki akan segera terjawab melalui pengiriman pesawat luar angkasa tak berawak yang dikirim NASA. Saat ini NASA memang telah mengirimkan pesawat tak berawak untuk meneliti setiap objek paling misterius yang ada di tata surya.

"Mungkin, dalam waktu yang tidak terlalu lama, pesawat ruang angkasa lain akan dikirim ke daerah terpencil di sistem planet kita untuk mempelajari objek yang baru ditemukan yang mungkin diambil dari planet pengembara," terangnya.