Inilah 4 Peninggalan Kerajaan Andalusia, Nomor Terakhir Menjadi Kota yang Terlupakan

Rabu, 08 Juni 2022 - 18:36 WIB
loading...
Inilah 4 Peninggalan Kerajaan Andalusia, Nomor Terakhir Menjadi Kota yang Terlupakan
Sedikitnya ada empat peninggalan kerajaan Andalusia. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat peninggalan kerajaan Andalusia . Kerajaan Andalusia merupakan sebuah kerajaan muslim yang pernah menduduki sebagian besar Semenjung Iberia, dari 711 M hingga runtuhnya dinasti Umayyah di Spanyol pada abad ke-11.

Dikutip dari Britannica, peradaban Islam periode ini diperintah oleh bangsa Moor sebelum diambil alih oleh Kerajaan Kristen Spanyol. Namun, sebelum keruntuhannya, kerajaan Andalusia ini meninggalkan beberapa peninggalan yang pada perkembangannya diklaim dan diubah fungsinya oleh penguasa selanjutnya.
Baca juga : Adzan Senyap di Bumi Andalusia

Berikut empat peninggalan kerajaan Andalusia yang mungkin jarang diketahui :

1. Masjid Cordoba

Masjid Cordoba didirikan oleh Pangeran Abdul Rahman yang sebelumnya diasingkan dari Dinasti Umayah di Damaskus. Dalam hal ini, dia ingin membuat sebuah masjid yang bisa menyaingi masjid-masjid besar di Baghdad dan Damaskus. Maka, dibuatlah masjid Cordoba.

Dikutip dari Culture Trip, pada tahun 711 bangsa Moor mengambil alih Andalusia dari orang-orang kristen. Pemimpin bangsa Moor mengubah sebuah tempat ibadah menjadi dua bagian. Masing-masing untuk Islam dan Kristen.

Namun, pada tahun 784, Abdul Rahman memerintahkan untuk menghancurkan bangunan tersebut dan menggantinya dengan sebuah masjid yang besar. Pembangunan selesai sekitar tahun 987 dan menjadi salah satu yang terbesar di dunia, terkecuali Ka’bah di Arab.

Pada tahun 1236, Cordoba kembali direbut oleh orang-orang Kristen. Hasilnya, masjid tersebut difungsikan menjadi sebuah katedral dan digunakan umat Kristen dalam beribadah.

2. The Alhambra

Alhambra ini berada di Granada. Letaknya di bukit berbatu yang sulit diakses. Alhambra menjulang seperti kastil megah dengan keindahan eksteriornya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1985 seconds (0.1#10.140)