Mengapa Hewan dan Tumbuhan Tidak Bisa Hidup di Laut Mati?

Selasa, 14 Juni 2022 - 14:41 WIB
loading...
Mengapa Hewan dan Tumbuhan Tidak Bisa Hidup di Laut Mati?
Laut mati atau juga dikenal dengan the dead sea merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Yordania yang sudah mendunia. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Laut mati atau juga dikenal dengan "the dead sea" merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Yordania yang sudah mendunia. Beragam keunikan terdapat di laut ini dan tidak terjadi dilaut lainnya.

Salah satu keunikan yang terdapat pada laut ini adalah setiap orang bisa mengapung bebas di atas air laut ini tanpa takut tenggelam, sehingga aman bagi orang yang tidak bisa berenang sekalipun. Hal ini disebabkan tingginya kadar garam yang ada di laut mati ini.
Baca juga : Israel Umumkan Berhasil Temukan Gulungan Laut Mati

Dilansir dari facts.net, meskipun memiliki nama laut mati, namun sebenarnya tempat ini adalah danau air asin. Ukurannya mencapai panjang 50 km dan lebar 15 km, sementara kadar garam yang ada di laut mati ini sebanyak 33,7% atau sekitar 9,6 kali lebih asin dari air lautan biasa.

Tak hanya jadi danau dengan air paling asin, laut ini jua merupakan titik terendah di bumi yang berada di daratan. Hal ini karena laut mati terletak lebih dari 1.300 kaki di bawah permukaan laut pada tepiannya. Sedangkan, bagian terdalamnya mencapai 2.300 kaki di bawah permukaan laut.

Berbeda dari danau atau lautan pada umumnya yang banyak dipenuhi makhuk hidup seperti hewan dan tumbuhan. Di laut mati ini tidak akan seekor hewan dan tumbuhan yang hidup. Baca juga : Indonesia Ternyata Punya Laut Mati seperti di Mediterania

Tak adanya hewan dan tumbuhan di laut mati ini dikarenakan tingginya kadar garam yang mencapai sepuluh kali lipat dari lautan terdapat di sini. Sehingga airnya tidak cocok untuk mendukung kehidupan makhluk hidup. Termasuk manusia sekalipun. Untuk itu bila berenang di laut ini ada aturan batas waktu tertentu.

Hal ini juga yang membuatnya dinamakan Laut Mati, karena tidak ada satupun makhluk hidup yang bisa bertahan hidup di laut ini.

Meskipun tidak ada hewan yang bisa bertahan hidup di dalam laut ini, tempat ini selalu bisa menjadi tujuan wisata karena keindahan alamnya.

Sebenarnya ada satu buah pohon ikonik yang terdapat di tengah laut ini. Sebab pohon itu tumbuh sendirian tanpa ada pohon lain yang ada apapun di sekitarnya.

Jadi itulah sebab yang menyebabkan kenapa laut mati tidak terdapat makhluk hidup sama sekali. Sulitnya flora dan fauna untuk menyesuaikan diri dengan kandungan garam di laut ini adalah menjadi alasan utamanya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2507 seconds (0.1#10.140)