China Terbukti Luncurkan Kapal Induk Baru yang Lebih Canggih, Tipe 003 Ini Diberi Nama Fujian

Sabtu, 18 Juni 2022 - 18:03 WIB
loading...
China Terbukti Luncurkan Kapal Induk Baru yang Lebih Canggih, Tipe 003 Ini Diberi Nama Fujian
China terbukti meluncurkan kapal induk terbaru generasi kedua Tipe 003 yang diberi nama resmi Fujian. Foto/Bulgarian Military/Twitter
A A A
BEIJING - China terbukti meluncurkan kapal induk terbaru generasi kedua yang lebih canggih dari dua kapal induk sebelumnya. Kapal induk Tipe 003 yang diberi nama resmi Fujian mengusung sejumlah teknologi modern setara kapal induk milik Amerika Serikat.

Sebelumnya foto satelit merekam penampakan kapal induk terbaru China Tipe 003 di Galangan Kapal Jiangnan Shanghai. Setelah 48 jam foto satelit beredar sejumlah laman media militer internasional, China benar-benar meluncurkan kapal induk Tipe 003 yang resmi diberi nama Fujian pada Jumat 17 Juni 2022.

Peluncuran kapal induk Tipe 003 Fujian menjadi perhatian kekuatan militer barat, termasuk Amerika Serikat, yang ingin mengetahui kekuatan dan kecanggihan armada andalan Angkatan Laut China. Apalagi ini adalah kapal induk China pertama yang menggunakan sistem CATOBAR (sistem peluncur ketapel tekanan gas) untuk meluncurkan pesawat dan peluncur ketapel elektromagnetik.

Baca juga; Penampakan Foto Satelit, China Segera Luncurkan Kapal Induk Baru Tipe 003

Apalagi pembangunan kapal induk itu diselimuti misteri, sebagian besar karena China tidak mengungkap informasi secara detail. Kapal induk Fujian dibangun oleh perusahaan China Jiangnan Shipyard, yang berbasis di provinsi Fujian.

Dikutip dari laman Bulgarian Military, kapal induk Fujian memiliki panjang 320 meter dan penggeraknya konvensional dengan penggerak listrik terintegrasi. Berbeda dengan kapal induk supercarrier Angkatan Laut AS, Tipe 003 menggunakan propulsi konvensional bukan nuklir dan memiliki tiga sistem pelucuran ketapel, bukan empat.
China Terbukti Luncurkan Kapal Induk Baru yang Lebih Canggih, Tipe 003 Ini Diberi Nama Fujian


Superstruktur Island (pusat komando) pada Tipe 003 lebih kompak dan lebih rapi daripada dua kapal induk sebelumnya. Island yang rapi ini juga menampilkan lubang flush yang menonjol untuk antena radar array yang dipindai secara elektronik. Kokpit kapal induk memiliki lebar hampir 78 meter.

Baca juga; Kapal Selam Nuklir Inggris Unjuk Kemampuan Beroperasi di Kutub Utara

Pakar pembuatan kapal internasional mengatakan Fujian adalah kapal induk terbesar dan paling modern yang pernah dibangun di luar Amerika Serikat. Ukurannya hampir sama dengan kapal induk Amerika Kitty Hawk dan Gerald R. Ford.

Menurut China Military, media resmi Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN), kapal induk Tipe 003 Fujian telah diberi nomor lambung CV-18. Kapal induk itu memiliki bobot muatan penuh 80.000 ton ketika memasuki layanan, sekarang akan menjalani uji tambat dan laut menjelang commissioning resmi.
China Terbukti Luncurkan Kapal Induk Baru yang Lebih Canggih, Tipe 003 Ini Diberi Nama Fujian
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1487 seconds (11.210#12.26)