Misteri Balance Rock di Mars, Warganet Pertanyakan Keberadaan Alien

Senin, 20 Juni 2022 - 07:10 WIB
loading...
Misteri Balance Rock di Mars, Warganet Pertanyakan Keberadaan Alien
Sebuah batu yang berdiri sempurna diatas batu lain di planet Mars membuat warganet kebingungan. Foto: NASA
A A A
MARS - Rover Perseverance kembali menemukan hal-hal unik dan bahkan janggal di Mars. Yang terbaru, adalah balance rock.

Balance rock sendiri merupakan seni teknik menyusun batu dengan posisi tertentu tanpa alat perekat maupun bantuan lainnya. Susunan itu membuat batu memperoleh keseimbangan alami dan berdiri tegak.

Tentu saja, yang jadi pertanyaan adalah siapa yang menyusun batu di Mars hingga memperoleh posisi tegak dan seimbang. Hal inilah yang memicu perdebatan di Internet.

Balance rock di Mars itu terletak di Kawah Jezero yang luasnya mencapai 1.200 kilometer. Meski difoto ukuran batunya terlihat kecil, tapi sebenarnya cukup besar. Yakni, sebesar ukuran bola bowling. Batu tersebut tampak berdiri di posisi seimbang di atas sebuah batu besar yang miring.

Penemuan itu diumumkan hanya satu hari setelah NASA mempertanyakan apakah “angin” meniup sepotong insulasi roket sejauh 3 kilometer dari titik masuk Perseverance Rover di Mars.

Foto formasi batu itu dibagikan pada 16 Juni di Facebook, dan NASA mengatakan itu diberinama “Hogwallow Flats”. Batuan di daerah itu diyakini memiliki usia 3,6 miliar tahun.

”Batu-batu di lokasi itu harus dilihat. Kami melihat merekam banyak foto-foto close up yang jadi target potensial untuk dipelajari,” lapor NASA.

Hanya saja, NASA tidak membahas balance rock tersebut secara khusus. Mungkin, karena mereka tahu bahwa hal tersebut akan menjadi pertanyaan dan perdebatan di media sosial. Yang jelas, postingan NASA itu telah mendapat 14.000 reaksi dan hampir 300 komentar kemarin.

Bahkan, beberapa warganet menyebutnya “bola basket Mars”.

”Siapa yang menyeimbangkan batu itu!?” tanya Stephen Bukowski.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1854 seconds (0.1#10.140)