Saldo TabunganKu di Sulsel capai Rp46 M

Selasa, 12 November 2013 - 18:28 WIB
Saldo TabunganKu di Sulsel capai Rp46 M
Saldo TabunganKu di Sulsel capai Rp46 M
A A A
Sindonews.com - Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan sejumlah perbankan kembali menggelar kampanye Gerakan Indonesia Menabung (GIM).

Di Makassar, kampanye GIM akan dilaksanakan pada 16 November mendatang. Adapun target pesertanya adalah ribuan siswa mulai tingkat SD, SMP, dan SMA di wilayah Makassar, Gowa, dan Maros.

Deputy Kepala Perwakilan BI Wilayah I Sulampua, Harymurthy Gunawan mengatakan, BI kembali meluncurkan program GIM guna meningkatkan minat masyarakat dalam menabung. Program ini dimaksudkan untuk sosialisasi pentingnya menabung sejak dini.

"Selain di Makassar, GIM juga digelar di delapan kota lain yakni Banjarmasin, Denpasar, Surabaya, Semarang, Bandung, Palembang, Pekanbaru, dan Medan," sebut Harymurthy, Selasa (12/11/2013).

Dikatakannya, kegiatan Edukasi Keuangan dan Kampanye GIM telah dicanangkan oleh Presiden RI dan Gubernur Bank Indonesia pada 20 Februari 2010. Pencanangan GIM dilakukan bersamaan dengan peluncuran produk TabunganKu oleh perbankan nasional sebagai tabungan tanpa biaya administratif dengan syarat setoran awal yang rendah.

Sebagai bagian dari pelaksanaan GIM, BI dan perbankan telah melakukan kampanye bersama pada 27 Juni 2012. Pada kesempatan tersebut, Wakil Presiden RI, Boediono menetapkan Hari Rabu setiap awal bulan sebagai Hari Rajin Menabung.

Pada hari itu, perbankan diharapkan dapat memberikan pelayanan khusus kepada nasabah yang akan menabung di bank atau bank dapat memobilisasi untuk mendatangi sekolah untuk anak-anak dapat menabung di sekolah yang didatangi oleh bank.

BI secara aktif ikut serta mendorong program nasional tersebut dengan melakukan kegiatan pencanangan Hari Rabu setiap awal bulan melalui perbankan sebagai HARI RAjin menaBUng dan pembukaan rekening tabungan baru oleh pelajar dan masyarakat termasuk produk TabunganKu.

Berdasarkan data BI, hingga September 2013, jumlah rekening TabunganKu di Sulsel sebanyak 50.144 rekening atau mengalami peningkatan sebesar 57,86 persen dibandingkan 2012 yang hanya 31.746 rekening. Adapaun jumlah saldo rekening mencapai Rp 46,24 miliar atau mengalami peningkatan sebesar 77,30 persen (yoy) dibandingkan tahun 2012 senilai Rp 26,08 miliar.

Adapun rangkaian pencanangan GIM akan diawali oleh pidato Gubernur Sulsel, diteruskan dengan jalan sehat bersama, edukasi keuangan, penandatanganan MoU antara BMPD Sulsel dengan Dinas Pendidikan Sulsel perihal Sosialisasi Jasa Perbankan di Provinsi Sulawesi Selatan.

Juga ada penyerahan simbolis buku TabunganKu ke perwakilan sekolah, pembagian doorprize, dan acara hiburan.

Ditambahkannya, kedepannya GIM dan sosialisasi Jasa Perbankan akan dilaksanakan secara berkala oleh BI dan anggota BMPD Sulsel ke sekolah-sekolah di 24 Kabupaten/Kota.

"Diharapkan pelaksanaan Kampanye GIM di Makassar dapat menjadi momentum bagi peningkatan akses keuangan kepada pelajar dan masyarakat, khususnya melalui TabunganKu dan Tabungan Pelajar dan atau Basic Saving Account yang pada akhirnya dapat meningkatkan akses keuangan bagi masyarakat luas," jelasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9065 seconds (0.1#10.140)