Ukuran Ikan Air Tawar Terbesar di Mekong, Kalahkan Rekor Lele Seberat 293 Kg

Selasa, 21 Juni 2022 - 22:40 WIB
loading...
Ukuran Ikan Air Tawar Terbesar di Mekong, Kalahkan Rekor Lele Seberat 293 Kg
Spesies Pari, ikan air tawar terbesar di dunia tertangkap di Sungai Mekong. FOTO/ THE SUN
BANGKOK - Seekor ikan air tawar yang dianggap terbesar di dunia ditangkap di Sungai Mekong di Kamboja pada 13 Juni 2022 lalu.

Seperti dilansir dari The Sun, Selasa (21/6/2022), menurut proyek penelitian bersama antara Amerika Serikat (AS) dan Kamboja, Wonders, ikan pari air tawar berukuran panjang empat meter dan berat hampir 300 kilogram.

BACA JUGA - Genjot Konsumsi Ikan, KKP Latih Masyarakat Kreasikan Olahan Ikan Unggul

Rekor ikan air tawar yang ditangkap sebelumnya adalah ikan lele seberat 293 kilogram yang ditemukan di Thailand pada tahun 2005.



Pari ditangkap oleh seorang nelayan lokal di Stung Treng di timur laut Kamboja dan kemudian memberi tahu sekelompok ilmuwan di bawah proyek Keajaiban.

Para ilmuwan kemudian mengkonfirmasi tangkapan dan menggambarkan ikan pari sebagai ikan air tawar terbesar di dunia.

“Kami semua terkejut dengan hasil tangkapannya, ikannya sangat besar dan kami kagum bagaimana ikan pari bisa mencapai ukuran itu.

“Penangkapan secara tidak langsung menunjukkan Sungai Mekong masih menjadi surga bagi berbagai biota air dan kita harus menjaga kelestarian sungai itu,” kata kepala ilmuwan Zeb Hogan.

Setelah diperiksa dan diukur, ikan pari tersebut kemudian dilepaskan kembali ke sungai.

Sebuah perangkat juga dipasang di tubuh ikan pari untuk memungkinkan para ilmuwan memperoleh informasi tentang gaya hidup dan alam hewan itu.
(wbs)
KOMENTAR ANDA