Fenomena Super Langka Tejadi Besok! 5 Planet Sejajar Bersamaan

Kamis, 23 Juni 2022 - 18:30 WIB
loading...
Fenomena Super Langka Tejadi Besok! 5 Planet Sejajar Bersamaan
5 planet sejajar bersamaan besok. FOTO/ IST
A A A
LONDON - Fenomena super langka akam terjadi pada 24 Juni 2022 5 planet sejajar . Lima planet di tata surya secara bersama dengan Bulan akan sejajar atau dalam satu garis yang sama, fenomena ini disebut sebagai konjungsi kuintet atau konjungsi multiplanet.

Lima planet yang akan sejajar itu beraturan sesuai dengan urutan mereka mengelilingi Matahari, yakni Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus

BACA JUGA - Moskow Klaim Venus sebagai 'Planet Rusia'

"Kesempatan langka untuk melihat hal yang dapat disaksikan dari rumah dengan mata telanjang demi kelima planet di Tata Surya kita yang bisa dilihat sekaligus," kata peneliti di Institut Astronomi Universitas Edinburgh, Profesor Beth Biller.

Menurut para ilmuwan, seluruh planet di tata surya kita ini, tidak akan pernah bisa berbaris dalam satu garis lurus sempurna.

Seperti yang mungkin ditampilkan dalam beberapa ilustrasi. Hal itu dapat terjadi dikarenakan seluruh planet di tata surya ini tidak mengitari matahari dalam satu bidang yang sama.

Melainkan memiliki inklinasi atau kemiringan bidang orbit yang berbeda-beda.

Jadi, walaupun memang disebut planet sejajar, namun sebenarnya 5 planet yang akan terlihat pada fenomena 24 Juni 2022 nanti, sebenarnya tidak akan benar-benar lurus sejajar.

Tapi meskipun begitu, fenomena ini tetap akan indah untuk disaksikan. Apalagi dapat dilihat dengan mata telanjang tanpa bantuan alat apapun.

Fenomena planet sejajar itu bisa dilihat juga oleh orang-orang yang ada di Bumi, termasuk warga Indonesia, menggunakan bantuan teleskop maupun mata telanjang di sebagian wilayah pada 24 Juni 2022 mulai pukul 04.45 WIB.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1685 seconds (11.252#12.26)