Film-film Hollywood yang Terlihat Konyol dari Sisi Sains, Nomor 5 Paling Absurd

Sabtu, 25 Juni 2022 - 18:00 WIB
loading...
Film-film Hollywood yang Terlihat Konyol dari Sisi Sains, Nomor 5 Paling Absurd
Astronot Samantha Cristoforetti mereka ulang adegan film Gravity yang diperani Sandra Bullock (atas) yang ternyata tidak sesuai kenyataan. Foto/Twitter Samantha Cristoforetti
A A A
JAKARTA - Beberapa film Hollywood dengan genre fiksi ilmiah ternyata terlihat konyol dari sains. Memang, sejatinya film tidak akan bisa dijadikan pijakan ilmu pengetahuan.

Hanya saja genre fiksi ilmiah tentu mewajibkan pembuatnya setidaknya tidak terlalu keluar jalur dari yang seharusnya. Seperti yang terjadi belakangan ini, seorang astronot dari European Space Agency, Samantha Cristoforetti meledek aktris Sandra Bullock yang berperan sebagai Dr Stone di film Gravity.

"Hey Dr Stone, pertanyaan singkat. Bagaimana caranya rambut kamu bisa tetap rapi," tulis Samantha Cristoforetti di akun twitter resmi miliknya.

Bersama pertanyaan itu dia menampilkan dua foto kombinasi dengan gaya yang sama saat berada di International Space Station (ISS) atau Stasiun International Ruang Angkasa. Di foto itu Dr Stone justru terlihat rapi saat melayang-layang di gravitasi 0 dengan rambut yang masih sangat rapi. Sebaliknya Samantha Cristoforetti jutru tampil dengan rambut yang awut-awutan karena pengaruh gravitasi 0.



Dari situ tidak heran jika memang ada banyak hal yang memang membuat beberapa film fiksi ilmiah cenderung konyol ketika berhadap-hadapan dengan kondisi yang sebenarnya.

Nah, berikut ini beberapa di antaranya:

1. Gravity
Film-film Hollywood yang Terlihat Konyol dari Sisi Sains, Nomor 5 Paling Absurd


Film Gravity yang disutradarai oleh Alfonso Cuaron memiliki banyak celah sains yang fatal. Selain rambut para astronot yang terlihat rapih, adegan final dimana kedua astronot jatuh dari ISS dan terpaksa memutus tali penyelamat justru dianggap berlebihan.

Ahli astrofisika Neil deGrasse Tyson berpendapat bahwa gerakan itu tidak perlu, dan Stone bisa menyelamatkan dirinya sendiri dan Kowalksi dengan tarikan sederhana di ujung tambatannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1018 seconds (0.1#10.140)