Sabtu, 25 Juni 2022 - 18:00 WIB
2. Armageddon
Film-film Hollywood yang Terlihat Konyol dari Sisi Sains, Nomor 5 Paling Absurd

Film Armageddon sangat tidak konsisten dengan gravitasi. Di film itu diperlihatkan dua pesawat luar angkasa yang mendarat di asteroid.

Menurut situs ilmiah Phys, asteroid tidak memiliki gravitasi yang cukup agar pesawat luar angkasa itu mendarat. Uniknya film itu semakin tidak konsisten ketika di dalam pesawat para pemeran film bisa bergerak biasa seperti halnya ada di bumi. Sebaliknya ketika di luar pesawat mereka merasa adanya sensasi mikro gravitasi.

3. Interstellar
Film-film Hollywood yang Terlihat Konyol dari Sisi Sains, Nomor 5 Paling Absurd

Interstellar merupakan film fiksi ilmiah karya Christophe Nolan yang sangat dipuji oleh semua orang. Hanya saja di mata ilmuwan film itu menyisakan celah yang sangat krusial. Terutama soal benda-benda yang masuk ke lubang hitam raksasa atau supermassive blackhole.

Para ilmuwan di situs Astronomy menyatakan semua benda yang masuk akan menjadi pipih. Tidak terkecuali manusia seperti pemeran utama film Interstellar, Joseph Cooper (Matthew McConaughey). Uniknya, Joseph Cooper selamat dan hanya terjebak di semacam perpustakaan kuantum.

4. Star Trek
Film-film Hollywood yang Terlihat Konyol dari Sisi Sains, Nomor 5 Paling Absurd

Film Star Trek reboot yang diproduksi di 2009 memiliki kesalahan persepsi yang sama mengenai lubang hitam. Di film itu pesawat Star Trek, Enterprise digambarkan berhasil lolos dari lubang hitam dengan cara melakukan trik khusus yakni meledakkan ini propulsi yang ada di pesawat.

Namun, masalah yang mencolok adalah bahwa tanpa atmosfer untuk menghasilkan gelombang kejut yang mendorong, dan tidak ada bahan padat untuk membuat kompresi, ledakan seperti itu tidak akan menghasilkan apa-apa. Selain itu, ilmuwan di Scientific American tidak menemukan bukti objek apa pun yang dekat dengan lubang hitam dapat lolos tanpa tertarik ke dalam.