NASA Targetkan Pesawat Europa Clipper Menabrak Ganymede Bulan Terbesar di Tata Surya

Rabu, 29 Juni 2022 - 18:07 WIB
loading...
NASA Targetkan Pesawat Europa Clipper Menabrak Ganymede Bulan Terbesar di Tata Surya
NASA menargetkan misi pesawat luar angkasa Europa Clipper menabrak Ganymede, bulan Jupiter, yang terbesar di Tata Surya. Foto/NASA/JPL-Caltech/Space
A A A
FLORIDA - NASA menargetkan misi pesawat luar angkasa Europa Clipper menabrak Ganymede, bulan Jupiter , yang terbesar di Tata Surya. NASA menyebutkan kecelakaan ini disengaja untuk mengakhiri misi Europa Clipper yang akan diluncurkan pada tahun 2023.

Misi Europa Clipper awalnya direncanakan akan menabrak atau dijatuhkan ke planet Jupiter. Namun, rencana itu sepertinya bakal diubah dengan menargetkan dua bulan Galilea Jupiter, yaitu Ganymede atau Callisto.

“Target pembuangannya ... tadinya Jupiter, tapi (untuk) menghemat propelan (bahan bakar), lebih efisien, jika kita masuk ke Ganymede atau Callisto sebagai target pembuangan,” kata ilmuwan proyek misi Europa Clipper Bob Pappalardo pada pertemuan dengan Kelompok Penilaian Planet Luar (Outer Planets Assessment Group/OPAG) , 15 Juni 2022, dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Rabu (29/6/2022).

Baca juga; SpaceX Dapat Kontrak dari NASA untuk Jelajahi Jupiter

Perubahan lokasi pembuangan adalah salah satu dari beberapa tindakan penghematan anggaran yang diambil dalam desain terbaru timeline Europa Clipper. Tujuan lainnya adalah untuk pengurangan flybys Europa pesawat ruang angkasa dari 53 menjadi 49, kecuali ada perpanjangan misi.

Dari dua bulan yang diperebutkan, Ganymede, bulan terbesar di tata surya, adalah target utama karena punya implikasi sains yang potensial. “Menargetkan Ganymede, alih-alih Callisto, atau, dalam hal ini, Jupiter, memiliki manfaat tambahan potensi sains yang sinergis dengan JUICE (JUpiter ICy moons Explorer),” kata Pappalardo.

Dia merujuk pada misi Jupiter Icy Moons Explorer Badan Antariksa Eropa, yang dijadwalkan diluncurkan pada 2023. Misi tersebut akan mempelajari ketiga bulan es Galilea Jupiter, dengan Ganymede sebagai target utamanya.

“Jika misi JUICE masih berada di orbit Ganymede pada saat Clipper Europa dibuang, ada potensi instrumen JUICE untuk melihat dampak itu dan mempelajari sifat Ganymede dari tabrakan itu,” tutur Pappalardo.

Baca juga; Ilmuwan NASA Yakin Jupiter Jadi Sarang Alien

Europa Clipper tidak akan menjadi pesawat ruang angkasa pertama di sistem Jupiter yang sengaja dihancurkan di akhir misi. Pada tahun 2003, pesawat ruang angkasa Galileo NASA diarahkan untuk terjun ke Jupiter karena risiko menabrak Europa, yang tidak terkendali karena kehabisan bahan bakar.

Sejak itu, banyak pesawat luar angkasa sengaja dihancurkan, baik oleh dampak atau disintegrasi di atmosfer, untuk melindungi lingkungan yang berpotensi mendukung kehidupan. Dalam kasus lain, kematian akibat tabrakan dari pesawat ruang angkasa adalah bagian pengumpulan data dari misi, seperti NASA's Deep Impact, yang menabrak komet sehingga para ilmuwan dapat mempelajari komposisinya.

Europa Clipper termasuk dalam kategori sebelumnya; tabrakan yang disengaja ke Ganymede atau Callisto dirancang untuk melindungi Europa, bulan yang lebih rapuh. Seperti Europa, Ganymede diperkirakan memiliki lautan bawah permukaan, yang berarti memiliki bahan untuk mendukung kehidupan seperti yang kita kenal.

Tim misi juga bekerja dengan divisi Perlindungan Planet NASA untuk menentukan bahwa risiko pesawat ruang angkasa mencemari air ini dikaji seminimal mungkin karena Ganymede memiliki ketebalan cangkang es, tutup yang stagnan dan litosfer.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2172 seconds (11.210#12.26)