Kebakaran Dahsyat Landa Hutan Alaska, Satelit NOAA Berikan Peringatan Bahaya

Sabtu, 02 Juli 2022 - 07:33 WIB
loading...
Kebakaran Dahsyat Landa Hutan Alaska, Satelit NOAA Berikan Peringatan Bahaya
Satelit geostasioner National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) telah menangkap gambar mencolok dari kebakaran hutan di Alaska selatan-tengah dan barat daya sejak awal Juni. Foto/Space.com/NOAA
A A A
WASHINGTON - Awal musim panas yang menyengat dan kering telah memicu sejumlah kebakaran hutan di Alaska selatan. Satelit geostasioner National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) telah menangkap gambar mencolok dari kebakaran hutan di Alaska selatan-tengah dan barat daya sejak awal Juni.

Sambaran petir dari badai petir memicu kebakaran hutan awal musim ini, yang menjalar di atas tumbuhan kering dari musim dingin yang sejuk. Hingga Kamis 30 Juni 2022, ada sebanyak 157 kasus kebakaran aktif terjadi di seluruh Alaska.

Hanya dalam satu bulan, kebakaran hutan di negara bagian itu telah membakar lebih dari 1,6 juta hektare. Kondisi ini melampaui ambang batas yang belum dicapai Alaska pada awal musim kebakaran dalam beberapa dekade.

“Tahun ini merupakan musim kebakaran yang luar biasa aktif di wilayah tersebut, dengan kondisi hangat dan kering yang tidak normal yang menyebabkan lebih dari 300 kebakaran hutan berkobar dalam beberapa pekan terakhir,” tulis pejabat NOAA dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Minggu (2/7/2022).



Kebakaran tersebut termasuk Kebakaran Fork Timur di bagian barat negara bagian dekat Delta Yukon. Ini adalah salah satu kebakaran tundra terbesar yang pernah tercatat dan telah membakar lebih dari 250.000 hektar sejak 31 Mei.

Sementara itu, Kebakaran Kompleks Kapur di wilayah barat daya negara bagian bahkan lebih besar, tersebar di lebih dari 600.000 hektar. Asap dan puing-puing dari kebakaran telah mengganggu kualitas udara, membuat Departemen Konservasi Lingkungan Alaska mengeluarkan peringatan untuk banyak wilayah di negara bagian itu, menurut pernyataan itu.

Satelit NOAA menyajikan informasi penting tentang kebakaran hutan dan bagaimana penyebarannya. Secara khusus, para ilmuwan menggunakan data dari instrumen Visible Infrared Imaging Radiometer Suite (VIIRS) pada satelit NOAA-20 dan Suomi NPP Joint Polar Satellite System untuk mendeteksi dan melacak kebakaran hutan, terutama di daerah terpencil.

“Resolusi spasial yang tinggi dari VIIRS memungkinkan instrumen untuk mendeteksi kebakaran yang lebih kecil dan suhu yang lebih rendah. VIIRS juga menyediakan kemampuan deteksi kebakaran malam hari melalui Day-Night Band, yang dapat mengukur cahaya tampak intensitas rendah yang dipancarkan oleh api kecil dan baru,” tulis pejabat NOAA.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)