7 Astronot Muslim yang Pernah Menjelajah Luar Angkasa, Nomor 5 Muslimah Pertama

Senin, 04 Juli 2022 - 13:58 WIB
loading...
7 Astronot Muslim yang Pernah Menjelajah Luar Angkasa, Nomor 5 Muslimah Pertama
Sedikitnya ada tujuh astronot muslim yang pernah menjelajahi luar angkasa. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tujuh astronot muslim yang pernah menjelajahi luar angkasa . Seiring perkembangan teknologi, negara-negara di dunia melakukan eksplorasi ke luar angkasa dengan misi yang berbeda-beda.

Dalam hal ini, beberapa astronot tersebut diketahui sebagai seorang muslim. Secara umum, nama mereka mungkin tidak setenar Neil Armstrong atau lainnya. Namun, setidaknya mereka bisa menjadi teladan bagi muslim lainnya yang bercita-cita sebagai astronot .

Baca juga : Dua Astronot AS Tiba di Stasiun ISS

Dilansir dari situs HHWT, berikut beberapa astronot muslim yang pernah menjelajah luar angkasa :

1. Sultan bin Salman bin Abdulaziz Al Saud

Sultan bin Salman bin Abdulaziz Al Saud merupakan Pangeran Kerajaan Arab Saudi. Pada 17 Juni 1985, dia menjadi orang Muslim pertama yang menjelajah luar angkasa.

Pria kelahiran 27 Juni 1956 ini menjadi salah satu kru internasional dalam misi Space Shuttle STS-51-G yang dipimpin NASA. Dia merupakan spesialis muatan dan menjadi wakil Organisasi Komunitas Satelit Arab (ARABSAT) saat meluncurkan satelit ARABSAT-1B.

2. Muhammed Faris

Berselang dua tahun setelah penerbangan Pangeran Sultan bin Salman, Muhammed Faris menjadi astronot muslim berikutnya yang menjelajah luar angkasa. Pria Suriah kelahiran 26 Mei 1951 melakukan misi luar angkasa pada 22 Juli 1987.

Dalam penerbangan luar angkasanya ini, dia tergabung dalam program Interkosmos Uni Soviet. Kala itu, Muhammed Faris menjadi kosmonot penelitian dan berada di pesawat Soyuz TM-3 saat mengunjungi stasiun luar angkasa Soviet, Mir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)