Kamis, 07 Juli 2022 - 20:09 WIB
Teleskop Luar Angkasa James Webb Rekam Ratusan Gambar Galaksi yang Berkilau
Gambar teknik yang ditangkap oleh Fine Guidance Sensor ini mengungkapkan pandangan terdalam alam semesta dalam cahaya inframerah hingga saat ini. Foto/NASA/CSA/ Tim FGS/Space.com
FLORIDA - Teleskop Luar Angkasa James Webb mengungkapkan ratusan galaksi terjauh yang berkilau selama pengujian salah satu instrumennya pada Rabu 6 Juli 2022. Teleskop James Webb sedang menyelesaikan commissioning dan tim peneliti akan mengungkapkan gambar pertama yang benar-benar ilmiah pada Rabu 12 Juli 2022.

Gambar yang dirilis oleh NASA ini, ditangkap oleh Fine Guidance Sensor (FGS) James Webb Space Telescope selama periode delapan hari pada bulan Mei. Ada sekitar 72 foto yang diambil selama 32 jam waktu pemaparan.

Khusus FGS, yang dibangun oleh Badan Antariksa Kanada, bukanlah instrumen sains, namun membuat observatorium mengarah dengan benar ke targetnya. Gambar teknik yang diperoleh selama pengujian mengungkapkan ratusan galaksi jauh di kilasan terdalam yang pernah ada ke alam semesta.

Menurut NASA, FGS mengambil gambar warna palsu selama tes "roll" dan kamera inframerah-dekat Webb berfokus pada bintang yang dijuluki HD147980, teleskop berguling dari sisi ke sisi seperti pesawat terbang. Selama pengujian, FGS terus mengarahkan teleskop ke targetnya.

Gambar yang dihasilkan, produk sampingan dari pekerjaan pendukung ini, mengungkapkan kosmos dalam skala warna dari putih ke merah. Kosmos dengan corak yang lebih putih mewakili objek yang memancarkan cahaya inframerah paling terang dan warna yang lebih merah memperlihatkan objek yang lebih redup.

“Gumpalan paling redup dalam gambar ini persis jenis galaksi redup yang akan dipelajari Webb pada tahun pertama operasi sainsnya,” kata Jane Rigby, ilmuwan operasi Webb di Pusat Penerbangan Antariksa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland, dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Kamis (7/7/2022).

Beberapa bintang muncul di gambar, ditandai dengan paku difraksi yang membuatnya tampak seperti tanda plus. Sisanya adalah galaksi. Gambarnya tidak sempurna, karena menunjukkan tanda-tanda yang disebut efek dithering, yang meninggalkan titik-titik hitam di pusat bintang yang dicitrakan. Dithering terjadi ketika teleskop sedikit menyesuaikan posisinya di antara eksposur, yang menghasilkan saturasi detektornya.
Teleskop Luar Angkasa James Webb Rekam Ratusan Gambar Galaksi yang Berkilau

Tujuan utama FGS bukan untuk mengambil gambar ilmiah, dan sebagian besar fotonya akan dibuang segera setelah akuisisi. Tugas instrumen ini adalah untuk memungkinkan pengukuran yang akurat oleh instrumen lain dengan membantu teleskop untuk secara tepat menunjuk ke bintang dan galaksi yang diminati para ilmuwan.