Teleskop Luar Angkasa James Webb Rekam Ratusan Gambar Galaksi yang Berkilau

Kamis, 07 Juli 2022 - 20:09 WIB
loading...
A A A
Namun, gambar tersebut mengisyaratkan penemuan terobosan yang akan datang dari observatorium. “Ketika gambar ini diambil, saya sangat senang melihat dengan jelas semua struktur detail di galaksi yang redup ini,” kata Neil Rowlands, seorang ilmuwan program FGS di Honeywell Aerospace, yang membuat instrumen tersebut.

Karena FGS tidak dirancang terutama untuk melakukan sains, maka tidak menggunakan filter warna seperti instrumen sains lainnya. Berarti para ilmuwan tidak dapat secara akurat menentukan usia galaksi dalam gambar ini.

Teleskop Luar Angkasa James Webb membawa dua kamera dan dua spektrometer, yang menangkap spektrum cahaya objek yang dicitrakan, mengungkapkan komposisi kimianya. Teleskop dirancang khusus untuk melihat cahaya inframerah untuk mendeteksi beberapa galaksi paling jauh (dan tertua) di alam semesta.

Meskipun galaksi-galaksi ini memancarkan cahaya tampak, karena efek pergeseran merah yang disebabkan oleh perluasan alam semesta, cahaya tampak ini bergeser ke panjang gelombang inframerah yang lebih panjang, yang memerlukan teleskop ultradingin seperti Webb.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2502 seconds (0.1#10.140)