Penelitian Terbaru Ungkap Hewan Laut Tertua

Minggu, 10 Juli 2022 - 08:02 WIB
Penelitian Terbaru Ungkap Hewan Laut Tertua
Fosil-fosil yang ditemukan di Provinsi Yunnan, China, menunjukkan bahwa makhluk itu adalah vertebrata batang tertua yang diketahui di Bum. FOTO/ IST
Sejumlah peneliti di China berhasil menemukan fosil hewan laut tertua di dunia. Ia adalah Yunnanozoan yang merupakan leluhur para makhluk air aneh yang sudah menghuni Bumi lebih dari 500 juta tahun lalu.

Yunnanozoan ini menjadi kerabat tertua dari semua vertebrata di Bumi. Para peneliti di China telah menganalisis fosil Yunnanozoans, organisme bertubuh lunak yang telah punah yang hidup selama Periode Kambrium.

Fosil-fosil yang ditemukan di Provinsi Yunnan, China, menunjukkan bahwa makhluk itu adalah 'vertebrata batang' tertua yang diketahui di Bumi, yang sangat erat hubungannya dengan vertebrata yang masih hidup.

Yunnanozoans adalah organisme mirip ikan yang anatomi tibuhnya sangat sederhana yang hidup di bawah air. Tetapi mereka memiliki kerangka 'seperti keranjang' yang mirip dengan vertebrata saat ini.

Mereka juga dianggap sebagai deuterostom, yang artinya anus mereka terbentuk di depan mulut mereka selama perkembangan embrionik, seperti dilansir dari Daily Mail, Minggu (10/7/2022).

Studi baru telah dilakukan oleh para ahli di Institut Geologi dan Paleontologi Nanjing dan Universitas Nanjing di provinsi Jiangsu China. Terungkap Yunnanozoa adalah hewan Kambrium dengan posisi taksonomi yang telah lama diperdebatkan.

Para ilmuwan telah lama bingung tentang celah dalam catatan fosil yang akan menjelaskan evolusi invertebrata menjadi vertebrata. Proses evolusi mengembangkan tulang punggung, telah menjadi misteri selama berabad-abad.

Ketika para ilmuwan telah mempelajari bagaimana vertebrata berevolusi, fokus utama adalah lengkungan faring, struktur berpasangan yang tumbuh di kedua sisi kepala dan leher masa depan embrio yang sedang berkembang dan menyatu di tengah.

Embrio mamalia memiliki lima pasang lengkung faring ini. Saat embrio mamalia tumbuh, lengkungan faring menghasilkan bagian wajah dan leher, seperti otot, tulang, dan jaringan ikat.

Para penulis mengatakan lengkungan faring ini lah yang menjadi 'inovasi kunci' yang kemungkinan berkontribusi pada evolusi rahang dan tempurung otak vertebrata.