Ukraina Gunakan Amunisi Pintar untuk Melawan Rusia, Ini Rahasia Kehebatan Peluru Buatan Jerman

Sabtu, 16 Juli 2022 - 16:05 WIB
loading...
Ukraina Gunakan Amunisi Pintar untuk Melawan Rusia, Ini Rahasia Kehebatan Peluru Buatan Jerman
Diperkirakan Ukraina menggunakan amunisi pintar yang diberikan Jerman untuk menargetkan posisi Rusia. Foto/BulgarianMilitary
A A A
KIEV - Dalam beberapa hari terakhir dikabarkan Ukraina mampu memberikan perlawanan sengit ke kubu pertahanan Rusia menggunakan amunisi yang dipasok AS dan negara anggota NATO. Diperkirakan Ukraina menggunakan amunisi pintar yang diberikan Jerman untuk menargetkan posisi Rusia.

Saat ini, belum ada informasi resmi bahwa jenis amunisi ini digunakan di wilayah Ukraina, tetapi ada informasi yang dikonfirmasi secara resmi bahwa penembak Ukraina dilatih di Jerman. Dikutip dari laman Bulgarian Military, Sabtu (16/7/2022), seorang Kolonel Jerman menjelaskan, bagaimana Ukraina dilatih menggunakan sistem artileri PzH 2000, pelatihan ini jelas untuk menggunakan amunisi SADAM / SMArt.

Apa itu amunisi SADAM/SMArt? Diketahui bahwa amunisi SADAM/SMArt adalah peluru artileri 155mm [atau roket] yang mencari dan menghancurkan target. SMArt menggunakan dua sub-rudal dan sistem panduan multi-sensor.



Selain di Jerman, amunisi ini juga digunakan di beberapa negara lain, seperti Swiss, Yunani, dan Australia. SMArt digunakan untuk melawan peralatan lapis baja atau artileri berat apa pun, termasuk penghancuran howitzer yang ditarik atau digerakkan sendiri, pengangkut personel lapis baja, dan kendaraan lapis baja berat lainnya untuk infanteri, termasuk tank.

Cara kerja amunisi SADAM/SMArt cukup unik. Sebuah proyektil self-propelled ditembakkan dengan sekering timer yang berisi dua sub-proyektil. Setelah rudal mencapai area target, rudal pembawa hancur dan sub-proyektil dikeluarkan dan jatuh bebas dengan parasut.
Ukraina Gunakan Amunisi Pintar untuk Melawan Rusia, Ini Rahasia Kehebatan Peluru Buatan Jerman


Pada ketinggian tertentu, sistem pelacakan diaktifkan menggunakan sensor inframerah dan radio. Setelah mendeteksi target, sensor menentukan dan merekam datanya dan kemudian menembakkan proyektil eksplosif yang melaju dengan kecepatan hipersonik ke arahnya. Target akan dihancurkan dengan energi kinetik dari aliran kumulatif.



Jika rudal gagal mencapai target apa pun, maka akan menghancurkan diri sendiri, ini berfungsi untuk menghindari rudal yang tidak meledak atau mengganggu. Amunisi SADAM/SMArt dapat ditembakkan dari dua sistem senjata yang dimiliki Ukraina atas bantuan negara lain,yaitu howitzer self-propelled PzH 2000 dan 22,5 km dengan M109A3GA1.
Ukraina Gunakan Amunisi Pintar untuk Melawan Rusia, Ini Rahasia Kehebatan Peluru Buatan Jerman


Namun, jangkauannya berbeda saat menggunakan artileri yang berbeda. Ketika menembakkan proyektil PzH 2000 jangkauannya mencapai 28 km, sedangkan ketika menembakkan proyektil yang sama dari M109A3GA1, jaraknya kurang dari lima kilometer sampai 23 km.

Secara realistis, amunisi ini dapat menghancurkan semua kendaraan Rusia yang saat ini berada di Ukraina, terlepas dari ukuran, ukuran, kemampuan tempurnya. Kemampuan ini yang membuat Ukraina mampu memberikan perlawanan ke posisi Rusia.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2745 seconds (0.1#10.140)