SpaceX Luncurkan Kargo CRS 25 ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, Bawa 2.630 Kg Logistik

Sabtu, 16 Juli 2022 - 17:07 WIB
Pesawat ruang angkasa SpaceXs Dragon lepas landas dari Kennedy Space Center NASA di Florida, Kamis 14 Juli 2022. Foto/NASA/Space.com
FLORIDA - SpaceX meluncurkan misi kargo bernama CRS-25 ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dengan roket SpaceX Falcon 9. Misi kargo ke-25 yang membawa logistik seberat 2.630 kilogram diluncurkan dari Kennedy Space Center NASA di Florida, Kamis 14 Juli 2022.

Setelah hanya 2,5 menit penerbangan, tahap pertama roket terlepas, mendarat dengan aman dan tegak lima menit kemudian di kapal drone SpaceX "A Shortfall of Gravitas" di Samudra Atlantik. Roket tahap kedua terus naik ke orbit, mendorong dirinya sendiri dan pesawat kargo Dragon tidak berawak yang dipasang di hidungnya.

Kapsul Dragon diperkirakan akan perlahan-lahan menuju ISS dan mencapainya pada Sabtu (16 Juli 2022) sekitar pukul 11.20 pagi. Setelah Dragon berlabuh dengan laboratorium yang mengorbit, astronot akan membongkar muatan kapsul, yang membawa makanan dan persediaan segar, serta peralatan ilmiah untuk lusinan investigasi ilmiah aktif ISS.

Salah satu pengiriman misi yang paling besar dan paling penting adalah peralatan untuk Investigasi Sumber Debu Mineral Permukaan Bumi (EMIT). Setelah ditempelkan di luar ISS, eksperimen ini akan memindai Bumi untuk mempelajari bagaimana debu dari daerah gersang bergerak dengan angin dan mempengaruhi iklim.

“Memahami komposisi debu adalah kunci untuk memahami pemanasan versus pendinginan dan seberapa banyak, baik pada skala regional maupun global,” kata Roger Clark, ilmuwan senior di Planetary Science Institute di Tucson, Arizona, dan rekan penyelidik di EMIT misi, dikutip SINDOnews dari laman LiveScience, Sabtu (16/7/2022).

EMIT dapat secara tepat mengukur kandungan debu bumi dari luar angkasa dengan menggunakan teknik yang disebut spektrometri pencitraan. Di mana cahaya yang masuk dipisahkan menjadi panjang gelombang yang berbeda mulai dari ultraviolet hingga inframerah.

Karena mineral tertentu di dalam awan debu hanya memantulkan panjang gelombang tertentu, EMIT dapat mengidentifikasi komposisi awan debu dengan memecahnya menjadi 288 kemungkinan warna. Setelah identifikasi ini, spektrometer akan menggunakan perangkat lunak unik untuk memetakan bahan yang terdeteksi ke lokasi mereka di seluruh dunia.

Diketahui, peluncuran misi CRS-25 sudah lama dipersiapakan. Awalnya dijadwalkan untuk lepas landas sebulan yang lalu. Namun, misi itu ditunda tiga kali setelah para insinyur menemukan tingkat uap hidrazin korosif yang berpotensi tidak ama. Teknisi NASA dan SpaceX memeriksa roket secara ekstensif sebelum akhirnya memberikan lampu hijau setelah sistem propulsi pesawat berfungsi baik.

Eksperimen lain dalam perjalanan mereka ke ISS akan meneliti efek penuaan pada perbaikan sel dan menyelidiki apakah efek tersebut dapat dibalik pada astronot setelah mereka kembali ke Bumi, serta mempelajari kelayakan pembuatan beton dari bahan yang ditemukan di gravitasi rendah. lingkungan bulan dan Mars.