Autopsi Jenazah, Organ Tubuh Ini Akan Ungkap Penyebab Kematian

Kamis, 21 Juli 2022 - 13:06 WIB
loading...
Autopsi Jenazah, Organ Tubuh Ini Akan Ungkap Penyebab Kematian
Organ-organ tubuh ini akan bantu ahli ungkap penyebab kematian seseorang. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Saat ini publik tengah menunggu hasil autopsi Brigadir J yang dilakukan Tim Khusus bentukan Kapolri.
Autopsi dilakukan untuk menentukan penyebab kematian seseorang, prosedur autopsi sendiri tidak banyak berubah, dengan fokus ke organ-organ manusia.

BACA JUGA - Polri Bakal Sampaikan Hasil Autopsi Brigadir Bersama Komnas HAM

Dalan buku Andreas Vesalius (De humani corporis fabrica) menjelaskan, langkah awal dalam melakukan autopsi adalah pemeriksaan kasar bagian luar untuk setiap kelainan atau trauma dan deskripsi yang cermat tentang bagian dalam tubuh dan organ-organnya.

Dalam satu metode, setiap organ diangkat secara terpisah untuk insisi dan pemeriksaan. Dalam apa yang disebut metode massal, semua organ dada dikeluarkan dalam satu kelompok dan semua organ perut di kelompok lain untuk diperiksa.

Organ leher dieksplorasi dikeluarkan dari bawah hingga atas. Pembedahan biasanya dilakukan dari belakang, kecuali jika temuan mendikte variasi dalam prosedur.

Biasanya kelompok organ diangkat bersama-sama sehingga gangguan dalam hubungan fungsionalnya dapat ditentukan. Setelah mempelajari otak pada posisinya.

Pada sektor lain untuk memeriksa permukaan luar dan memotong setiap organ, struktur vaskulernya, termasuk arteri, limfatik, jaringan fasia atau fibrosa, dan saraf.

Spesimen diambil untuk kultur , analisis kimia , dan penelitian lain. Segera setelah prosedur selesai, semua organ dikembalikan ke tubuh dan semua sayatan dijahit dengan hati-hati.

Setelah pemeriksaan tubuh secara kasar, temuan diseimbangkan satu sama lain dan daftar temuan patologis disusun; daftar ini terdiri dari diagnosis sementara atau " diagnosis anatomi sementara ".

Autopsi mendokumentasikan proses penyakit yang terjadi saat pasien meninggal, dan sebagian besar autopsi tidak mencantumkan penyebab langsung dari kematian.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1195 seconds (10.101#12.26)