Kaget, Robot Catur Patahkan Jari Bocah 7 Tahun di Moscow Chess Open 2022

Senin, 25 Juli 2022 - 07:10 WIB
loading...
Kaget, Robot Catur Patahkan Jari Bocah 7 Tahun di Moscow Chess Open 2022
Ajang Moscow Chess Open 2022 menjadi heboh saat robot catur dengan kecerdasan buatan bertindak diluar dugaan. Foto: ist
A A A
RUSIA - Sebuah robot catur menjadi heboh dan bahkan viral setelah mematahkan jari seorang anak berusia 7 tahun bernama Christopher di ajang Moscow Chess Open 2022.

Kejadian nahas itu berlangsung pekan lalu. Menurut PC Gamer, dugaan awal karena pecatur muda itu salah membaca situasi. Sehingga robot bergerak sebelum Christopher selesai meletakkan bidak caturnya.

Gerakan robot yang mendadak dan tiba-tiba membuat jari Christopher patah. ”Robot itu mematahkan jari seorang anak. Ini, tentu saja hal yang sangat buruk. Robot itu kami sewa. Padahal sudah dipamerkan di banyak tempat, sudah bermain selama bertahun-tahun tanpa ada insiden sama sekali,” ujar Presiden Federasi Catur Moskow, Sergey Lazarev.

Kaget, Robot Catur Patahkan Jari Bocah 7 Tahun di Moscow Chess Open 2022

Dalam rekaman video, terlihat bahwa jari Christopher dicubit oleh lengan robot selama beberapa detik, sebelum seorang wanita dan tiga orang pria menariknya.

VP Federasi Catur Rusia Sergey Smagin menambahkan, robot mencubit jari Christopher setelah mengambil bidak catur Christopher. Kesalahan terjadi, ketika Christopher tidak menunggu sampai robot tersebut menyelesaikan gerakannya.

”Memang ada aturan keselamatan. Dan anak ini tampaknya melanggarnya. Ketika Christopher bergerak, dia tidak menyadari bahwa harus menunggu terlebih dahulu,” kata Smagin. ”Ini adalah kasus yang sangat langka, dan akan terus saya ingat,” tambahnya.

Untuk diketahui, robot permainan catur itu menggunakan kecerdasan buatan untuk beroperasi. Robot dirancang sedemikian rupa agar bisa melawan manusia dalam permainan catur.

Bukan hanya melawan satu orang, robot mampu melawan beberapa orang sekaligus. Namun kali ini robot harus menelan korban, padahal robot telah bermain catur selama sekitar 15 tahun dan selama itu baik-baik saja.



Christopher sendiri merupakan 30 pemain catur terbaik Rusia dalam kategori dibawah 9 tahun. Untungnya, Christopher sendiri tidak mengalami trauma. Sebab, ia sudah bermain lagi keesokan harinya dan menyelesaikan turnamen.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1895 seconds (0.1#10.140)