Salah Satu Terbanyak di Dunia, Ada Berapa Zona Waktu di Rusia?

Selasa, 26 Juli 2022 - 16:22 WIB
loading...
Salah Satu Terbanyak di Dunia, Ada Berapa Zona Waktu di Rusia?
Rusia merupakan salah satu negara terbesar di dunia berdasarkan wilayahnya. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Rusia merupakan salah satu negara terbesar di dunia berdasarkan wilayahnya. Luas negara ini diperkirakan sekitar 17.098.246 kilometer persegi atau mencakup sekitar seperdelapan dari daratan yang dihuni di bumi.

Negara yang dipimpin Vladimir Putin ini memiliki zona waktu yang cukup banyak. Bahkan masuk dalam jajaran terbanyak di antara negara-negara lainnya. Jumlahnya sendiri ada 11 zona waktu.

Baca juga : Rusia Denda Google Rp5,5 Triliun, Dianggap Melanggar Soal Perang Rusia

Dikutip dari Russia Beyond, zona waktu di dunia terbagi menjadi 24 bagian. Sebelas diantaranya meliputi wilayah Rusia. Dalam sejarahnya, zona waktu terbentuk karena kebutuhan jalur kereta api akan waktu yang sinkron dengan daerah lain.

Awalnya, zona waktu ini hanya diterapkan di Inggris, AS, dan Kanada. Setelahnya negara-negara lainnya mulai mengikutinya. Rusia sendiri bergabung dengan sistem zona waktu internasional setelah Revolusi Bolshevik.

Sekitar tahun 1919, Rusia membagi zona waktunya menjadi 11 bagian dengan batas-batas wilayah yang melewati jalur kereta api dan sungai. Selanjutnya, batas-batas zona waktu ini mendapat revisi berulang kali supaya sejalan dengan batas administratif kawasan.

Pada tahun 2009, Rusia memutuskan untuk mengurangi jumlah zona waktu dari 11 menjadi 9. Akan tetapi pada 2014 keputusan itu dibatalkan.

Baca juga : Kemhan Rusia: Ada 26 Permintaan Evakuasi dari Ukraina ke Wilayah Rusia

Berikut daftar 11 zona waktu di Rusia:

1. Waktu Kaliningrad (KALT) (UTC +2) mencakup wilayah Kaliningrad.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1733 seconds (0.1#10.140)