Rusia Berencana Bangun Kembali Stasiun Luar Angkasa, Paling Cepat Mulai 2028

Jum'at, 29 Juli 2022 - 15:35 WIB
loading...
Rusia Berencana Bangun Kembali Stasiun Luar Angkasa, Paling Cepat Mulai 2028
Rusia mengumumkan rencana untuk membangun kembali stasiun luar angkasa sendiri yang dikenal dengan Stasiun Layanan Orbital Rusia (ROSS). Foto/Roscosmos/Space.com
A A A
MOSKOW - Rusia mengumumkan rencana untuk membangun kembali stasiun luar angkasa sendiri yang dikenal dengan Stasiun Layanan Orbital Rusia (ROSS). Keinginan itu sejalan dengan rencana Rusia menarik diri dari konsorsium Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) setelah tahun 2024.

Desain ROSS, direncanaka dapat ditempatkan di orbit 51,6 derajat (mirip dengan ISS) atau di orbit dekat kutub, 97 derajat. Semua bergantung pada siatuasi mana yang dianggap lebih menguntungkan Rusia di antara lokasi peluncurannya.

“Kita perlu memutuskan apa yang harus dilakukan di masa depan, dan sudah mulai mengerjakan program berawak yang akan dilaksanakan setelah periode ini,” kata Vladimir Solovyov dalam wawancara panjang yang diterbitkan pada Selasa 26 Juli 2022 oleh Roscosmos dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Jumat (29/7/2022).

Baca juga; Rusia Umumkan Resmi Menarik Diri Selamanya dari ISS

Solovyov adalah direktur penerbangan ISS segmen Rusia dan perancang umum RSC Energia, kontraktor utama program penerbangan antariksa manusia Rusia. Solovyov juga membahas modul Rusia yang menua di ISS dan telah menampung astronot sejak November 2020.

Solovyov mengatakan soal pemeliharaan menjadi masalah untuk modul ISS Rusia, yang hampir berusia 25 tahun. “Baru-baru ini, ada kecenderungan untuk meningkatkan waktu yang dihabiskan oleh para kosmonot untuk pemeliharaan dan perbaikan sistem onboard, yang telah menghabiskan sumber daya mereka,” katanya.

Stasiun luar angkasa Rusia yang baru juga akan mewakili "filosofi" yang berbeda dari penerbangan antariksa manusia. Solovyov mengklaim bahwa sains Rusia di ISS dan sebelumnya stasiun ruang angkasa Soviet/Rusia Mir, belum memberikan hasil yang baik.

Baca juga; Begini Bentuk dan Jeroan Stasiun Luar Angkasa China, Bisa Beroperasi 15 Tahun
Rusia Berencana Bangun Kembali Stasiun Luar Angkasa, Paling Cepat Mulai 2028


Badan antariksa federal Rusia Roscosmos sudah merilis gambar dan informasi tentang bentuk dan rupa tentang Stasiun Layanan Orbital Rusia atau ROSS. Fase pertama perakitan pos terdepan, yang ditargetkan dimulai pada 2028, tampaknya mencakup modul inti, kemungkinan kapal pasokan baru, dan kendaraan transportasi baru.

Fase kedua, diharapkan akan dimulai pada tahun 2030, akan menambah dua modul besar lagi. Ke depan, Solovyov mengatakan ROSS dapat digunakan sebagai stasiun jalan untuk membantu kosmonot mempersiapkan perjalanan ke bulan atau Mars.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1274 seconds (10.101#12.26)