5 Senjata Israel yang Dikembangkan Israel Weapon Industries (IWI)

Jum'at, 29 Juli 2022 - 15:55 WIB
loading...
5 Senjata Israel yang Dikembangkan Israel Weapon Industries (IWI)
Sedikitnya ada lima senjata buatan Israel yang dikembangkan oleh Israel Weapon Industries (IWI). Foto DOK Military
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima senjata buatan Israel yang dikembangkan oleh Israel Weapon Industries (IWI). Pada perkembangannya, Israel tak mau kalah dengan negara-negara. Mereka juga turut memproduksi berbagai senjata yang mendukung kekuatan militernya .

Israel Weapon Industries sebelumnya merupakan salah satu divisi dari Israel Military Industries Ltd (IMI). Pada 2005, IMI diprivatisasi, sehingga IWI turut mengembangkan beragam senjata yang digunakan angkatan bersenjata negara ini.

Baca juga : 3 Senjata Israel yang Dipakai Membunuh Rakyat Palestina

Berikut beberapa senjata milik Israel yang dikembangkan oleh Israel Weapon Industries (IWI) seperti dilansir dari military-history.fandom :

1. IWI Negev

Negev merupakan senapan mesin ringan 5,56 mm milik Israel. Senjata ini awalnya dikembangkan oleh Israel Military Industries (IMI). Namun, setelahnya Negev dikembangkan oleh Israel Weapon Industries (IWI).

Pada 2012, IWI memperkenalkan Negev NG-7 dan mulai digunakan oleh Israel Defence Forces (IDF). Senjata ini merupakan varian Negev baru yang menggunakan kaliber 7,62 mm.

Negev adalah senjata api selektif yang dioperasikan dengan gas. Dengan bobot sekitar 7,40 kg dan panjang 1.020 mm, senjata ini dilengkapi peluru standar NATO. Yaitu 5,56x45mm dan 7,62x51mm (NG7).

2. IWI Tavor X95

Senapan ini dirancang dan diproduksi oleh Israel Weapon Industries (IWI). Senjata ini dilengkapi amunisi NATO 5,56x45mm dengan sistem tembakan selektif. Sejak 2009, senjata ini sudah dipilih sebagai senapan serbu masa depan Angkatan Bersenjata Israel.

Tavor X95 dirancang khusus untuk pasukan elit serta personel militer yang tidak menggunakan senapan serbu panjang. Pada variannya, terdapat tiga jenis yang berbeda.

Pertama, berbentuk bulat dan memiliki penekan di bagian handguard, kemudian berbentuk persegi panjang dengan rel terintegrasi. Terakhir, bentuknya memanjang dan dibuat khusus untuk tipe IWI US Tavor X98s.

3. Uzi Pro SMG

UZI merupakan sebuah senjata mesin ringan buatan Israel. Senjata ini pertama kali dirancang oleh Mayor Uziel Gal pada akhir 1940-an. Prototipe Uzi selesai pada tahun 1950.

Senjata ringan ini pertama kali diperkenalkan ke pasukan Israel Defense Forces (IDF) pada 1954. Pada perkembangannya, Israel Weapon Industries (IWI) mengembangkan Uzi Pro SMG.

Uzi Pro SMG merupakan evolusi terbaru dari teknologi senjata api canggih. Pengembang mengubah UZI melalui polimer modern terbaru, rel MIL-STD 1913, sandaran bahu yang ergonomis, dan pegangan tangan yang bisa dilipat.

Baca juga : Ini Senjata Israel untuk Azerbaijan dalam Perang dengan Armenia

4. Jericho 941

Jericho 941 merupakan pistol semi-otomatis yang dikembangkan Israel Weapon Industries (IWI). Senjata ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990 dan sempat diekspor juga ke Amerika Serikat.

Pada segi desainnya, Jericho 941 didasarkan pada pistol CZ-75 yang diproduksi CZ dari Republik Ceko. Untuk spesifikasinya sendiri, pistol ini menggunakan peluru Parabellum 9x19mm.

5. SP-21 Barak

Pistol semi-otomatis diproduksi oleh Israel Weapon Industries (IWI). Senjata ini memiliki bobot 29,1 ons, panjang 7,5 inci, dan panjang barel 3,9 inci. Selain itu, peluru yang digunakan adalah Parabellum 9x19mm.

SP-21 Barak terbuat dari polimer termasuk bagian pegangannya. Pada perkembangannya, senjata Israel ini mulai dipasarkan ke Eropa dan Amerika Serikat sejak 2003. Harga eceran yang diketahui adalah USD499.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)