Ilmuwan China Berhasil Buat Laser yang Sangat Kuat hingga Bisa Bikin Tulisan di Udara

Sabtu, 30 Juli 2022 - 15:02 WIB
Laser buatan ilmuwan China berhasil membuat bikin tulisan di udara sangat kuatnya. Foto/South China Morning Post.
CHINA - Ilmuwan China berhasil buat laser yang sangat kuat. Saking kuatnya laser itu dapat digunakan dalam sebuah pena untuk membuat tulisan di udara.

Sekelompok ilmuwan di Hongtuo Joint Laboratory, Wuhan, China berhasil membuat laser yang sangat kuat. Saking kuatnya laser itu bisa membuat udara terbakar yang kemudian bisa diubah dengan berbagai bentuk khusus termasuk karakter atau huruf.

Dalam penggunaannya laser memang mampu melakukam berbagai ilusi atau perubahan bentuk. Hanya saja laser tetap membutuhkan debu atau asap sebagai medium.

Futurism menyebutkan keberadaan pena laser itu sangat menarik. Pasalnya kemampuan yang unik tersebut dapat menjadi landasan bagi teknologi hologram ala "Star Wars".

Selain itu pena laser itu suatu hari nanti dapat digunakan dalam komputasi kuantum, pencitraan otak, dan teknologi canggih lainnya. Termasuk beberapa teknologi holografik baru yang mengagumkan.

Laser berkekuatan tinggi itu disebutkan South China Morning Post bekerja dengan cara melepaskan elektron dari partikel udara. Setelahnya laser mengubah elektron menjadi plasma pemancar cahaya dengan presisi yang cukup untuk membentuk kata-kata di udara.

"Dengan perangkat baru, kita dapat menggambar di udara tanpa menggunakan kertas dan tinta," kata Cao Xiangdong, ilmuwan dari Hongtuo Joint Laboratory.