Fenomena Langka, Pulau di Kalimantan Barat Bisa Bergerak Sendiri

Selasa, 02 Agustus 2022 - 18:37 WIB
loading...
Fenomena Langka, Pulau di Kalimantan Barat Bisa Bergerak Sendiri
Pulau Bergansar di Kalimantan Barat Bisa Bergerak Sendiri. FOTO/ IST
A A A
SAMARINDA - Belakangan ini media sosial diramaikan dengan fenomena langka pulau Begansar yang bisa bergerak sendiri. Dikabarkan bahwa pulau tersebut berlokasi di desa Buin, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Melansir dari tayangan YouTube Bluv TV, Selasa (2/8/2022) penamaan pulau Begansar diambil dari bahasa Kalimantan. Yang mana Begansar sendiri jika diterjemahkan berarti "Bergerak".

BACA JUGA - 5 Tempat Berhantu di Dunia, Nomor 3 Ada di Indonesia

Pulau ini akan bergerak mengikuti arus air sungai pada waktu-waktu tertentu. Berdasarkan laporan, dahulu pulau yang bergerak jumlahnya ada tujuh, namun sekarang hanya tersisa dua pulau saja.

Lima pulau lainnya kini sudah mati atau tidak bergerak lagi. Tidak diketahui apa sebabnya, yang jelas dua pulau yang masih aktif ini bisa dinaiki oleh 40-50 orang layaknya sebuah perahu yang sedang berlayar.

Pulau Begansar memiliki ukuran yang relatif kecil. Namun di atasnya ditumbuhi semak yang lebat dan terdapat sejumlah pohon baik pohon yang berukuran besar maupun yang berukuran kecil.

Masyarakat sekitar menyebut pulau Begansar biasa bergerak pukul 8 pagi dan kembali ke titik semula pada jam 3 sore. Tidak sedikit juga yang percaya bahwa pulau memiliki ekor dan kepala namun tidak terlihat.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti di balik fenomena langka pulau Begansar yang bisa bergerak sendiri. Yang jelas pulau Begansar masuk ke dalam wilayah yang dilindungi.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1405 seconds (11.252#12.26)