Ribuan Harta Karun Kapal Spanyol Abad Ke-17 Ditemukan di Perairan Bahama

Senin, 08 Agustus 2022 - 10:39 WIB
loading...
Ribuan Harta Karun Kapal Spanyol Abad Ke-17 Ditemukan di Perairan Bahama
Ribuan artefak harta karun berupa permata, medali, dan artefak bersejarah, ditemukan dari kapal Spanyol Maravillas yang tenggelam di perairan Bahama pada tahun 4 Januari 1656. Foto/nypost/Allen Exploration
A A A
NASSAU - Ribuan artefak harta karun berupa permata, medali, dan artefak bersejarah, ditemukan dari kapal Spanyol Maravillas yang tenggelam di perairan Bahama pada 4 Januari 1656. Selama lebih dari 360 tahun, para arkeolog berusaha menemukan harta karun yang tersembunyi di reruntuhan kapal.

Kapal Maravillas merupakan galleon (kapal dua dak dibekali senjata meriam) legendaris Spanyol abad ke-17, tenggelam di tepi Little Bahama Bank di Bahama utara dalam perjalanan ke Seville dari Kuba. Kapal yang bernama lengkap Nuestra Señora de las Maravillas (Our Lady of Wonders) membawa banyak harta baik pajak kerajaan dan properti pribadi.

Kapal berbobot 891 ton itu jatuh setelah bertabrakan dengan armada lain dan menabrak karang 30 menit kemudian, sebelum akhirnya tenggelam. Sisa-sisa kapal tersebar beberapa mil di seberang lautan, tanpa ada bagian kapal yang tertinggal.



Sebagian besar harta karun itu, diperkirakan 3,5 juta keping, diselamatkan antara tahun 1656 dan awal 1990-an. Dalam sebuah wawancara dengan Fox News Digital, pendiri Allen Exploration Carl Allen mengatakan, dia dan timnya mulai menarik artefak berharga pada Juli 2020 di dekat Walker's Cay.

Alat berteknologi tinggi, ditambah izin resmi yang diberikan oleh pemerintah Bahama untuk mencari daerah Bahama Utara, yang dikenal sebagai hotspot puing-puing, telah menghasilkan penemuan yang menakjubkan.
Ribuan Harta Karun Kapal Spanyol Abad Ke-17 Ditemukan di Perairan Bahama


“Kami telah menemukan ribuan artefak. Meriam, jangkar, zamrud, dan batu kecubung . Kami mengumpulkan sekitar 3.000 koin perak dan 25 koin emas,” kata Allen dikutip SINDOnews dari laman nypost, Senin (8/8/2022).



Kedalaman air di kawasan itu hanya mencapai 50 kaki, sedangkan pasirnya bisa mengubur harta karun hingga kedalaman 20 kaki. Namun itu tidak menghentikan Allen untuk membuktikan bahwa orang-orang yang meragukannya salah dan menemukan harta karun yang membuatnya tercengang.

Temuan menarik juga termasuk toples zaitun Spanyol, porselen Cina, dan tali-temali besi. “Ketika saya menarik barang berharga pertama, saya kehilangan napas. Aku tidak bisa bernapas. Aku sudah memikirkan ini sepanjang hidupku,” tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)