4 Langkah Otopsi Mayat yang Sudah Dikubur

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 19:15 WIB
loading...
A A A
Setelah pemeriksaan eksternal selesai, otopsi dilanjutkan dengan mengangkat dan membedah organ sesuai kebutuhan. Kemudian, pemeriksaan internal dilanjutkan sesuai prosedur.

Biasanya, ahli patologi akan memulai pembedahan dengan membuat sayatan berbentuk Y di bagian dada dan perut. Selanjutnya, pemeriksaan terhadap organ yang dibutuhkan bisa mulai dilakukan.

Setelah organ yang dibutuhkan berhasil dikeluarkan, pemeriksa akan menimbang dan memeriksanya lebih lanjut. Ahli patologi akan mengawetkan bagian organ yang dibedah apabila menemukan sesuatu yang tidak biasa alias abnormal.

Baca juga : Polisi Tunggu Hasil Otopsi Tuntaskan Kasus Tewasnya Ali Mahbub

3. Membentuk Kembali Tubuh

Setelah pemeriksaan internal selesai, organ yang diangkat dikembalikan ke tempatnya atau dikremasi, tergantung aturan hukum dan keinginan keluarga.

Setelahnya tubuh jenazah akan dijahit dan dibersihkan. Barulah setelahnya bisa disiapkan untuk kembali dimakamkan.

4. Pembuatan Laporan

Setelah semua pemeriksaan selesai, langkah terakhir yang dilakukan adalah menunggu hasil tes laboratorium. Laporan terperinci akan disiapkan untuk menjelaskan prosedur otopsi dan temuan mikroskopis dengan memberikan daftar diagnosa medis, dan ringkasan kasus.

Laporan tersebut menekankan hubungan atau korelasi antara temuan klinis (pemeriksaan dokter, tes laboratorium, temuan radiologi, dll) dan temuan patologis (yang dibuat dari otopsi).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1844 seconds (0.1#10.140)