Rusia Kirim Tank Terbaru ke Medan Perang Ukraina, T-90M Proryv Terintegrasi Satelit Glonass

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 07:57 WIB
loading...
Rusia Kirim Tank Terbaru ke Medan Perang Ukraina, T-90M Proryv Terintegrasi Satelit Glonass
Rusia dilaporkan telah mengirimkan sejumlah tank terbaru yang lebih canggih dan bertenaga ke medan perang Ukraina, yaitu T-90M Proryv . Foto/BulgarianMilitary
A A A
MOSKOW - Rusia dilaporkan telah mengirimkan sejumlah tank terbaru yang lebih canggih dan bertenaga ke medan perang Ukraina. Tank tempur utama (Main Battle Tank) terbaru yaitu T-90M Proryv selain lebih bertenaga, juga dipandu sistem satelit Glonass.

Meskipun ada sanksi ekonomi, Rusia tampaknya tetap mampu memasok tentaranya dengan kendaraan lapis baja berat. ArmyRecognition menulis pada tanggal 5 Agustus 2022 bahwa batch baru tank T-90M Proryv meninggalkan UralVagonZavod, perusahaan yang dikenal memproduksi tank tempur utama Rusia.

Ini bukan pengiriman pertama tank T-90M Proryv ke tentara Rusia sejak pecah perang dengan Ukraina. Pada pertengahan Mei, UralVagonZavod mengirim batch baru. T-90M Proryv dianggap oleh Rusia sebagai tank tempur utama paling mumpuni.

Baca juga; Rusia Kembangkan Rudal Anti-Tank ATGM Kornet-D1, Ini Kecanggihannya

Dikutip SINDOnews dari laman Bulgarian Military, Sabtu (13/8/2022), secara umum tank T-90M, dilengkapi dengan sistem kontrol tembakan Kalina dan sistem pertahanan aktif Afghanit. Selain itu, tank T-90M menerima perlindungan Relik dinamis serta baju besi tambahan.

Menurut desainer dari Uralvagonzavod, tank T-90M Proryv terbaru telah menerima mesin yang lebih bertenaga. Konfigurasi standar T-90 ditenagai oleh mesin V-92S2 12-silinder yang menghasilkan 1.000 tenaga kuda, sedangkan versi tangki baru mendapat 130 tenaga kuda lebih banyak karena menggunakan mesin V-92S2F baru 12-silinder.

Untuk persenjataan dasar tidak banyak berubah, kedua modifikasi tank menggunakan meriam smoothbore 2A46M 125mm, tetapi untuk tank T-90M yang dipakai adalah model 2A46M-5. Untuk model 2A46M-5 menyediakan penggunaan amunisi berdaya tinggi baru, serta peluru kendali yang memungkinkan menghancurkan tank musuh pada jarak hingga 5 kilometer.

Baca juga; Tank Ini Dirancang Rusia untuk Perang Nuklir, Mampu Menahan Ledakan Bom Atom

Persenjataan sekunder terdiri dari senapan mesin Kord Heavy 12,7 mm, dan PKMT 7,62 mm di kedua tank. Salah satu peningkatan utama yang diterima oleh T-90M adalah kemampuan tank untuk memiliki fungsi otonom, yaitu pertukaran data real-time dengan kendaraan lain.
Rusia Kirim Tank Terbaru ke Medan Perang Ukraina, T-90M Proryv Terintegrasi Satelit Glonass


Tank T-90M telah meningkatkan fitur optik untuk pemandangan penembak PNM Sosna-U baru, empat kamera video yang menyediakan cakupan 360 derajat, pemandangan optik siang dan malam terbaru, termasuk kamera termal yang mendeteksi target musuh pada jarak 3.300 meter.

Armor ditingkatkan secara signifikan dengan penggunaan Relikt Explosive Reactive Armor [ERA] yang menutupi lebih banyak bagian tank. Terbaru, tank T-90M telah mengintegrasikan navigasi ruang angkasa Rusia GLONASS, serta sistem navigasi inersia [INS].

GLONASS atau Sistem Satelit Navigasi Global adalah sistem navigasi satelit berbasis ruang angkasa yang beroperasi di radionavigasi-satelit. Sistem ini memberikan alternatif untuk GPS dan merupakan sistem navigasi kedua yang beroperasi dengan cakupan global dan presisi yang sebanding.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2111 seconds (11.210#12.26)