4 Barang Peninggalan Nabi yang Berada di Istana Topkapi Turki

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 14:27 WIB
loading...
A A A
2. Muhr-i Saadet (Stempel Nabi)

Saat Nabi Muhammad memutuskan untuk menulis surat undangan kepada para penguasa negara asing, dia menyiapkan sebuah stempel dan meletakkannya di cincin. Cincin ini memiliki frase Muhammad Rasulullah yang tertulis di atasnya dan kata Allah tertulis di atasnya.

Konon, stempel ini digunakan oleh khalifah Abu Bakar, Umar dan Utsman. Segel itu secara tidak sengaja jatuh ke dalam sumur di Eris dan hilang pada 650-651. Setelahnya, stempel serupa dengan frasa yang sama dibuat.

Dibentuk dengan batu akik merah persegi panjang,awalnya stempel ini ditemukan di Baghdad pada abad ke-19. Setelah itu, stempel dikirim ke Istanbul dan menjadi salah satu koleksi di Topkapi.

3. Na’li Erif (Sandal Nabi)

Sandal yang dikenakan Nabi dikenal sebagai Na’li erif. Dalam Mukaddes Emanetler Dairesi, tiga Na'li erif yang dikaitkan dengan Nabi dibawa ke Istanbul pada waktu yang berbeda dan dipamerkan.

Salah satunya muncul di Bitlis pada masa pemerintahan Sultan Abdulaziz. Untuk menyimpannya, dibuatlah sebuah kotak perak oleh Pertevniyal Valide Sultan dan disimpan di antara relik suci istana Topkapi pada tahun 1872.

Lebih lanjut, Irinzade Hafız Sadeddin pernah menulis puisi 235 bait berjudul Na'li Rasul yang menjelaskan bagaimana barang tersebut dibawa dari Bitlis ke Istanbul.



4. Sakal-i Sharif (Jenggot Nabi)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1852 seconds (0.1#10.140)