Ilmuwan Temukan Rahasia Ikan di Bawah Es Greenland Tetap Hidup Tidak Membeku

Rabu, 17 Agustus 2022 - 18:31 WIB
“Snailfish adalah salah satu dari sedikit spesies ikan yang hidup di antara gunung es, di celah-celah. Mengejutkan bahwa ikan sekecil itu bisa hidup di lingkungan yang sangat dingin tanpa pembekuan," kata Gruber.

Ikan Arktik juga jarang menunjukkan biofluoresensi, yaitu kemampuan untuk mengubah cahaya biru menjadi cahaya hijau, merah atau kuning, karena ada periode kegelapan yang berkepanjangan, terutama di musim dingin, di kutub. Biasanya karakteristik ini ditemukan pada ikan yang berenang di perairan yang lebih hangat.

Ini adalah kasus pertama yang dilaporkan dari spesies ikan Arktik yang menunjukkan adaptasi ini. Para ilmuwan lebih lanjut memeriksa sifat biofluoresen dari ikan siput dan menemukan dua jenis keluarga gen yang berbeda mengkode protein antibeku..
Ilmuwan Temukan Rahasia Ikan di Bawah Es Greenland Tetap Hidup Tidak Membeku

Tingkat produksi antibeku yang membingungkan ini dapat membantu spesies snailfish beradaptasi dengan lingkungan di bawah nol. Hal ini juga menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana ikan siput akan hidup karena suhu laut meningkat sebagai akibat dari pemanasan global.

“Karena air yang memanas dengan cepat di Kutub Utara, spesies yang beradaptasi dengan air dingin ini juga harus bersaing dengan spesies air hangat yang sekarang dapat bermigrasi ke utara dan bertahan hidup di garis lintang yang lebih tinggi. Di masa depan, protein [antibeku] mungkin tidak lagi memberikan keuntungan,” kata Sparks.