Bikin Bangga, Ini Peninggalan B.J Habibie di Dunia Perkeretaapian Tanah Air

Kamis, 18 Agustus 2022 - 16:32 WIB
loading...
Bikin Bangga, Ini Peninggalan B.J Habibie di Dunia Perkeretaapian Tanah Air
Presiden B.J Habibie ternyata memiliki pengaruh yang sangat besaer dalam pengembangan industri kereta api di Tanah Air. Foto-foto/IST
A A A
JAKARTA - Presiden Indonesia ketiga, B.J Habibie ternyata tidak hanya memiliki pengaruh yang besar di dunia dirgantara saja. Kiprah pria yang punya nama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie itu juga punya jejak kaki yang sangat dalam di dunia perkeretaapian tanah air.

Setidaknya itu pernah diungkap oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada tahun 2019 kala B.J Habibie meninggal dunia. Menurut Budi Karya, BJ Habibie merupakan salah satu putra terbaik bangsa dan sulit mencari gantinya. "Beliau memiliki satu keahlian yang luar biasa. Ini menjadi contoh bagi generasi muda yang menempa diri atau sedang berkarya, saya pribadi mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya karena beliau adalah insan kereta api yang terus mengembangkan perekeretaapian dalam negeri melalui PT INKA ," ucapnya.

Lalu seperti apa sih jejak rekam dan pengaruh B.J Habibie di dunia perkeretaapian Tanah Air? Yuk cermati di bawah ini:

Baca juga : Sama-sama Korban Sanksi, Iran Siap Jualan Mobil di Rusia

1. PT. INKA
Bikin Bangga, Ini Peninggalan B.J Habibie di Dunia Perkeretaapian Tanah Air


PT Industri Kereta Api Indonesia atau lebih dikenal sebutan PT INKA termasuk ke dalam karya dari B.J Habibie yang berbasis di Madiun, Jawa Timur.

Melalui PT INKA, B.J Habibie berkeinginan agar Indonesia tidak lagi bergantung dari produk kereta api asal luar negeri.
PT INKA sendiri sebelumnya merupakan Balai Yaksa Madiun yang diubah lewati program transformasi industri dan alih teknologi ketika B.J Habibie menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi tahun 1977 kala itu.

Awal pendirian PT tersebut, alasannya penurunan performa kinerja kereta api Indonesia pada dekade tahun 70-an akibat dari kekurangan sarana perkeretaapian.

Salah satu alasan dari Balai Yaksa Madiun dijadikan sebagai PT INKA yaitu kemampuan dan kinerja sdm mumpuni dan Balai Yaksa sendiri dulunya melakukan penanganan dalam perawatan lokomotif uap.

2. MRT Jakarta
Bikin Bangga, Ini Peninggalan B.J Habibie di Dunia Perkeretaapian Tanah Air
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1534 seconds (11.210#12.26)