Fakta Baru Megalodon: Bisa Telan Hiu Putih Raksasa Sekali Hap

Minggu, 21 Agustus 2022 - 09:26 WIB
loading...
Fakta Baru Megalodon: Bisa Telan Hiu Putih Raksasa Sekali Hap
Rekayasa digital yang memperlihatkan hiu Megalodon sedang berburu hiu paus Orca. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Wajar jika hiu raksasa Megalodon (Otodus megalodon) langganan jadi bintang di film horror. Ini karena ukuran hiu tersebut sangat masif. Begitu besarnya, hingga bisa mengoyak tubuh paus Orca dengan mudah.

Megalodon adalah hiu raksasa yang pernah menguasai lautan dunia jutaan tahun lalu. Terlepas dari reputasinya yang menakutkan, pemangsa legendaris ini meninggalkan sedikit sekali jejak keberadaannya.

Penelitian terbaru terhadap fosil Megalodon yang sangat terpelihara membuat ilmuwan bisa melakukan rekayasa 3D terhadap ikan tersebut. Sehingga, bisa memberi tahu bagaimana Megalodon ternyata bisa berenang dengan sangat cepat. Bahkan, lebih cepat dari hiu manapun yang ada saat ini.

Ukurannya yang raksasa membuat ilmuwan berkesimpulan bahwa Megalodon bisa bisa melahap predator raksasa Orca dan Great White Shark atau hiu paus besar hanya dalam 5 gigitan saja.

Bahkan, Megalodon bisa dengan mudah menelan hiu putih yang panjangnya mencapai 8 meter itu secara utuh.

Temuan ini menunjukkan bahwa Megalodon adalah predator yang paling mengerikan di masa lalu. Dan yang lebih penting, ilmuwan mendapatkan gambaran lebih baik tentang peran yang dimainkannya dalam ekosistem laut yang di masa lalu.

“Kami menyimpulkan bahwa Megalodon memainkan peran ekologis penting sebagai superpredator lintas samudera,” tulis tim peneliti yang dipimpin oleh ahli paleobiologi Jack Cooper dari Universitas Swansea di Inggris dalam makalah mereka.

”Oleh karena itu, kepunahannya kemungkinan memiliki dampak besar pada transfer nutrisi global dan jaring makanan trofik,” katanya. Menggabungkan Megalodon dari catatan fosil telah menjadi teka-teki yang terus berlanjut.

Megalodon diperkirakan hidup 23 juta tahun yang lalu dan punah sekitar 3,6 juta tahun lalu, untuk alasan yang tidak diketahui. ”Kami hanya mengetahuinya, dan dapat memperkirakan ukuran raksasanya berdasarkan bagian-bagian yang cukup kokoh untuk bertahan dari kerasnya waktu. Misalnya gigi, yang mencapai ukuran tangan manusia dewasa,” ujar Jack Cooper.

Tapi, gigi bukan satu-satunya bagian hiu yang bisa memfosil. Bagian yang lebih padat dari kerangka tulang rawannya - khususnya, tulang belakangnya - dapat, dalam kondisi yang tepat, juga dipertahankan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)