Ilmuwan Swedia Temukan Makam Viking Wanita Pertama di Pegunungan

Senin, 22 Agustus 2022 - 13:49 WIB
loading...
Ilmuwan Swedia Temukan Makam Viking Wanita Pertama di Pegunungan
Seorang pendaki menemukan bros berusia 1200 tahun dimakam wanita pertama dari zaman Viking di pegunungan Jamtland, Swedia tengah. Foto/arkeonews
A A A
STOCKHOLM - Seorang pendaki menemukan bros berusia 1200 tahun dimakam wanita pertama dari zaman Viking di pegunungan Jamtland, Swedia tengah. Pendaki bernama Eskil Nystrom menemukan bros itu secara tidak sengaja ketika dalam perjalanan berkemah di Kalffallen setahun lalu.

Nystron menemukan sesuatu yang aneh mencuat dari tanah saat dia mendirikan dan mengamankan tendanya. “Pikiran pertama saya adalah saya telah menemukan ranjau, tetapi kemudian ketika saya menggali, saya baru mengerti itu bukan ranjau,” kata Eskil Nystrom dikutip SINDOnews dari laman arkeonews, Senin (22/8/2022).

Eskil Nystrom membawa pulang bros itu dan bertanya-tanya, tetapi tidak ada yang tahu apa itu atau dari mana asalnya. Satu tahun kemudian, dia melakukan kontak dengan museum Jamtli di stersund dan menyadari signifikansi arkeologi dan sejarah dari bros yang dia temukan.

Baca juga; Berusia 1.000 Tahun, Begini Penampakan Koin Perak Bergambar Raja Viking

Setelah diteliti, diketahui bros itu berusia 1200 tahun dan mungkin berasal dari makam wanita pertama dari Zaman Viking yang ditemukan di pegunungan Swedia. Penemuan yang mengejutkan ini membuat para arkeolog di Swedia bersemangat untuk meneliti lebih lanjut.

Arkeolog Anders Hansson di Jamtli memeriksa situs penemuan untuk pertama kalinya pada pekan lalu. Di sana dia menemukan jelaga dan tulang yang terbakar. Hansson juga menemukan bros oval lain, yang biasanya digunakan berpasangan.

Para peneliti telah menemukan tulang yang terbakar di situs tersebut, dan mereka menduga itu adalah pemakaman kremasi. “Apa yang telah ditetapkan adalah bahwa itu adalah kuburan kremasi dari Zaman Viking dan kemungkinan besar kuburan wanita,” kata Hansson.

Baca juga; Kapal Kiamat dari Batu Bangsa Viking, Dibuat untuk Cegah Ragnarok

Sebelumnya, hanya lima kuburan Viking lainnya yang ditemukan di pegunungan, dan semuanya milik laki-laki. Hansson mengatakan makam perempuan Viking dilengkapi dengan berbagai pernak-pernik yang lengkap.

“Ini sangat cantik. Secara sosial dan agama, wanita Viking membawa semua bendanya yang paling berharga saat meninggal, tetapi tidak ada monumen, gundukan pemakaman, atau tugu. Itu hanya bukit datar. Makam ini berbeda dengan kuburan Viking di pemukiman Zaman Besi,” tutur Hansson.
Ilmuwan Swedia Temukan Makam Viking Wanita Pertama di Pegunungan
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1101 seconds (10.101#12.26)