Kulit Ular Raksasa Ditemukan, Sungai Thames Disinyalir Jadi Sarang Kerabat Titanoboa

Senin, 22 Agustus 2022 - 19:07 WIB
loading...
Kulit Ular Raksasa Ditemukan, Sungai Thames Disinyalir Jadi Sarang Kerabat Titanoboa
Penemuan kulit ular raksasa di pinggir Sungai Thames di London Inggris. FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Jason Sandy dibuat terkejut setelah dia menemukan kulit ular raksasa di pinggir sungai, saat dirinya mencari benda berharga di Sungai Thames di London Inggris. Kulit ular berukuran sangat besar itu diduga milik kerabat ular purba Titanoboa yakni Boa.

Kulit ular berukuran lima kaki ditemukan pada hari Senin 8 Agustus lalu, di tepi utara sungai dekat Jembatan Hammersmith

BACA JUGA - Cara Suku Dayak Membuktikan Keberadaan Ular Raksasa Nabau dan Tangkalaluk

Diperkirakan kulit itu milik ular jenis Boa yang panjangnya bisa mencapai 25 meter, meskipun ular ini tidak memiliki bisa namun lilitannya bisa mematikan lawan hanya dalam hitungan menit.

"Saya tidak bisa mempercayai mata saya dengan menyaksikan seekor ular yang sangat besar berganti kulit. Saya berharap kulit ular ini bukan bukti bahwa sungai ini dihuni lebih banyak ular berukuran besar." tutur Jason Sandy seperti dilansir dari Daily Mail Senin (22/8/2022).

Seorang ahli paleontologi vertebrata Florida Museum, Jonathan Bloch menyatakan daerah yang dilintasi garis Khatulistiwa adalah habitat asli ular berukuran besar, dan seperti kita tahu Indonesia (Kalimantan) adalah negara yang dilintasi negara Khatulistiwa.

"Jika Anda melihat hewan berdarah dingin dan penyebarannya di planet saat ini, yang besar berada di daerah tropis, tempat terpanas, dan semakin kecil semakin jauh dari khatulistiwa. Berdasarkan ukuran ular, tim mampu menghitung suhu tahunan rata-rata di khatulistiwa Amerika Selatan 60 juta tahun yang lalu sekitar 91 derajat Fahrenheit, sekitar 10 derajat lebih hangat dari hari ini," tulis Bloch dalam penjelasannya seperti dilansir dari The Guardian.

Teori Bloch cukup beralasan, pasalnya foto penampakan ular raksasa berenang di Sungai Baleh, Sibu, Serawak, bagian utara Kalimantan yang masuk wilayah Malaysia. Foto ular raksasa terlihat berenang melenggak-lenggok di sebuah sungai tropis yang dikelilingi oleh hutan gambut.

Seperti diulas dari berbagai sumber, ular berwarna hitam itu sangat besar, hampir memenuhi sungai yang terletak di tengah-tengah hutan rawa yang rimbun. Air beriak di kiri kanannya. Kabarnya, foto itu diambil dari sebuah helikopter, 11 Februari 2009 lalu.

Meskipun fosil-fosil ular berukuran raksasa telah ditemukan oleh para ilmuwan, namun hingga kini para ilmuwan memastikan ukuran pastinya, pasalnya tengkorak Titanoboa hampir tak pernah ditemukan karena sangat rapuh dan mudah hancur.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1424 seconds (10.177#12.26)