4 Planet Tertua di Alam Semesta, Nomor 3 Punya Penampilan Indah

Selasa, 23 Agustus 2022 - 12:08 WIB
loading...
A A A
Untuk saat ini, tidak jelas apakah salah satu dari tujuh planet memiliki kondisi yang dapat mendukung kehidupan. Para ilmuwan akan terus mengamati planet-planet Trappist-1 menggunakan Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA dan Teleskop Luar Angkasa James Webb untuk menentukan apakah ada planet yang memiliki atmosfer mirip dengan Bumi.



3. Planet Jupiter
4 Planet Tertua di Alam Semesta, Nomor 3 Punya Penampilan Indah


Planet Jupiter diperkirakan berusia 4,6 miliar tahun atau terbentuk satu juta tahun setelah Matahari. Planet Jupiter merupakan planet kelima dari Matahari di Galaksi Bima Sakti berjarak sekitar 588 juta km dari Bumi. Penampilan terbaru planet Jupiter yang terekam teleskop James Webb begitu indah, terlihat aurora di kedua kutubnya.

Planet Jupiter pertama kali ditemukan tahun 1610 tersusun atas himpunan gas yang besar dan memiliki 79 bulan. Ketika itu astronom terkenal Galileo mencatat empat bulan terbesar di planet Jupiter, yaitu Io, Europa, Ganymede, dan Callisto. Jupiter memang memiliki cincin yang mengejutkan para ilmuwan ketika pertama kali ditemukan pada tahun 1979 oleh pesawat ruang angkasa Voyager 1 NASA.



4. Planet 51 Pegasi b
4 Planet Tertua di Alam Semesta, Nomor 3 Punya Penampilan Indah


Planet 51 Pegasi b berusia sekitar 6,1 hingga 8,1 miliar tahun dan terletak di konstelasi Pegasus, Galaksi Bima Sakti atau berjarak lebih dari 50 tahun cahaya dari Bumi. Penemuan 51 Pegasi b pada tahun 1995 adalah salah satu yang paling penting dalam sejarah eksplorasi ruang angkasa. Planet 51 Pegasi b adalah planet pertama (di luar tata surya kita) yang ditemukan di sekitar bintang mirip matahari.

Sejak penemuannya, 51 Pegasi b telah memilih dua nama lain, Bellerophon dan Dimidium. Planet itu dijuluki Bellerophon oleh astronom Geoffrey Marcy, yang membantu mengkonfirmasi keberadaannya dan ingin mengikuti tradisi penamaan planet setelah dewa Yunani dan Romawi. Diketahui Bellerophon adalah tokoh mitologi Yunani yang mengendarai Pegasus.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1999 seconds (0.1#10.140)