Setelah Mirip Neraka, NASA Temukan Planet seperti Surga

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 19:02 WIB
Setelah Mirip Neraka, NASA Temukan Planet seperti Surga
Sebuah planet berisi air ditemukan oleh sekelompok peneliti di luar angkasa. Foto / Benoit Gougeon, Université de Montréal
WASHINGTON - Setelah planet mirip Neraka ditemukan, kini para ilmuwan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) baru-baru ini menemukan 'planet laut' yang memiliki kemiripan yang luar biasa dengan film aksi 1995 yang dibintangi aktor Kevin Costner, "Waterworld" yang disebut Planet Surga.

Seperti dilansir di akun Sosial Media NASA Jumat (26/8/2022), mereka mengatakan, planet ini terletak 100 tahun cahaya dari bumi dan benar-benar tertutup oleh lapisan air yang sangat jernih.

Planet ini mengorbit salah satu dari dua bintang kecil yang terletak di konstelasi Draco dan ditemukan oleh tim peneliti internasional.

Tim peneliti dipimpin oleh Charles Cadieux, seorang mahasiswa doktoral di Université de Montréal dan anggota Institute for Exoplanet Research (iREx).

Teleskop ruang angkasa National Aeronautics and Space Administration, TESS, memungkinkan para peneliti untuk memindai ruang dalam untuk sistem planet dekat Bumi.

Sebelumnya, NASA mengatakan bahwa baru-baru ini telah menemukan planet baru, kondisi permukaannya mirip "neraka."

Disadur dari Phys, planet itu berjarak 50 tahun cahaya, dinamai 55 Cancri e dan mengorbit begitu dekat dengan "bintangnya yang mirip Matahari."

Sehingga, kondisi permukaannya secara harfiah mirip neraka, sebuah dimensi dalam keadaan terbakar yang konstan.

Data menunjukkan, 55 Cancri e berjarak kurang dari 1,5 juta mil dari bintangnya atau 1/25 jarak Merkurius dari Matahari.

"Dengan suhu permukaan jauh di atas titik leleh, sisi siang hari planet ini diperkirakan tertutup lautan lava," lapor NASA.

NASA berpendapat, tidak ada palanet yang seperti 55 Cancri e di Tata Surya dengan keadaan seekstrem itu.