5 Ular Berkulit Cantik tapi Berbahaya, Nomor 4 Keganasan Racunnya Melegenda

Senin, 29 Agustus 2022 - 23:55 WIB
loading...
5 Ular Berkulit Cantik tapi Berbahaya, Nomor 4 Keganasan Racunnya Melegenda
Menemukan spesies ular dengan kulit yang cantik tidak mudah, karena ada lebih dari 3.000 spesies ular tersebar di seluruh dunia. Foto/a-z-animals
A A A
JAKARTA - Menemukan spesies ular dengan kulit yang cantik tidak mudah, karena ada lebih dari 3.000 spesies ular tersebar di seluruh dunia. Apalagi kebanyakan ular yang berkulit indah dan menarik lebih suka tinggal di dekat air atau di hutan lebat.

Jadi sulit menemukan ular berkulit cantik, kecuali menjelajahi wilayah yang terpencil. Belum lagi sejumlah ular ini dikenal sangat berbahaya karena memiliki bisa yang mematikan. Berikut 5 ular dengan kulit cantik dan berbisa dirangkum SINDOnews dari laman a-z-animals, Senin (29/8/2022).

1. Viper Bulu Mata (Eyelash Viper/Bothriechis schegelii)
5 Ular Berkulit Cantik tapi Berbahaya, Nomor 4 Keganasan Racunnya Melegenda


Ular Viper Bulu Mata salah satu spesies ular beludak yang memiliki kulit cantik. Apalagi keluarga Viperidae terdiri dari berbagai spesies yang berwarna-warni, mencolok, dan unik. Ular kuning elektrik yang menakutkan ini memiliki sisik seperti bulu mata yang menonjol tepat di atas matanya yang besar.



Ular aneh namun tampan ini kebanyakan tinggal di Amerika Tengah dan Selatan. Habitat pilihan mereka terutama di dataran rendah, sangat teduh, dan daerah berhutan lebat dekat dengan air. Meskipun mereka agak kecil dibandingkan dengan kebanyakan ular beludak lainnya, predator penyergap ini sangat akurat, pemburu ahli.

Untungnya, terlepas dari sifatnya yang berbisa dan taring yang sangat tajam, mereka tidak terlalu agresif terhadap manusia. Faktanya, ular beludak bulu mata cenderung menghindari manusia dan hanya memangsa hewan kecil seperti katak, tikus, dan kadal.

2. Ular Karang Malaya Biru (Blue Malayan Coral Snake/Calliophis bivirgatus)
5 Ular Berkulit Cantik tapi Berbahaya, Nomor 4 Keganasan Racunnya Melegenda


Ular Karang Malaya Biru memiliki kulit cantik namun sangat berbisa. Ular ini memiliki warna yang menakjubkan, dengan kepala dan ekor berwarna merah darah cerah, tubuh hitam kebiruan, serta garis tipis biru langit mengalir di sisinya.

Ular Karang Malaya Biru sulit ditemukan dan didokumentasikan dengan baik, karena tertutup dan semi-fosorial. Ular-ular ini menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menggali tanah dan meninggalkan habitat pegunungan yang berhutan lebat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2989 seconds (0.1#10.140)