Peluncuran Ke-40, SpaceX Kirim 51 Satelit Starlink dan Pesawat Ruang Angkasa ke Orbit

Senin, 05 September 2022 - 13:38 WIB
loading...
Peluncuran Ke-40, SpaceX Kirim 51 Satelit Starlink dan Pesawat Ruang Angkasa ke Orbit
Roket SpaceX Falcon 9 meluncurkan 51 satelit internet Starlink dan kapal tunda ruang angkasa Sherpa-LTC2 dari Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida pada 4 September 2022. Foto/SpaceX
A A A
FLORIDA - Dalam peluncuran ke-40 roket Falcon 9 milik SpaceX mengirimkan 51 satelit Starlink dan pesawat ruang angkasa ke orbit. Roket Falcon 9 lepas landas dari Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral di pantai timur Florida, Amerika Serikat (AS), pada hari Minggu waktu setempat.

Roket Falcon 9 juga meluncurkan kapal Starlink Group 4-20 adalah Sherpa-LTC2, sebuah kapal tunda ruang angkasa milik perusahaan Spaceflight yang berbasis di Seattle. Kapal tunda itu membawa muatan untuk Misi Demonstrasi Teknologi Varuna Boeing (Varuna-TDM), untuk menguji komunikasi V-band konstelasi 147 satelit broadband non-geostasioner.

SpaceNews menyebutkan, kendaraan transfer orbital Sherpa-LTC pertama telah dihapus dari peluang peluncuran SpaceX pada Januari 2022 karena kebocoran propelan. Sherpa-LTC2 dikerahkan dari tahap atas Falcon 9 sekitar 49 menit setelah lepas landas, dan Starlinks mengikuti 23 menit setelah itu.

Baca juga; SpaceX Akuisisi Startup Satelit, Penuhi Ambisi Starlink

Peluncuran ini juga membawa tahap pertama roket Falcon 9 kembali ke Bumi untuk pendaratan lembut di pesawat tak berawak Just Read the Instructions, di Samudra Atlantik. Pendaratan yang ketujuh untuk booster khusus ini berjalan sesuai rencana, sekitar 8,5 menit setelah peluncuran.

SpaceX telah mengirim lebih dari 3.000 satelit Starlink ke orbit, untuk menciptakan konstelasi besar layanan broadband yang ditargetkan untuk daerah terpencil. SpaceX telah meluncurkan lebih dari 25 misi Starlink-centric pada tahun 2022.
Peluncuran Ke-40, SpaceX Kirim 51 Satelit Starlink dan Pesawat Ruang Angkasa ke Orbit


Peluncuran hari Minggu adalah yang ke-40 dan SpaceX tahun ini akan terus menambah megakonstelasi Starlink. SpaceX memiliki perjanjian untuk meluncurkan 12.000 satelit Starlink dan telah meminta regulator internasional untuk memberikan izin untuk tambahan 30.000 lagi.

Baca juga; SpaceX Ciptakan Internet Satelit Starlink Berkecepatan Tinggi

Pada akhir Agustus, pendiri dan CEO SpaceX Elon Musk mengumumkan rencana untuk mengirimkan konektivitas langsung ke smartphone menggunakan Starlink, bersama dengan T-Mobile. Kesepakatan lain yang diumumkan Selasa 30 Agustus 2022 akan menyambungkan layanan Starlink ke kapal pesiar Royal Caribbean.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1407 seconds (11.210#12.26)